ANALISIS PENGARUH KECEPATAN PUTAR DAN KECEPATAN PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN MATERIAL SKD 11 PADA MESIN BUBUT

HENDRATAMA, EDY PRASETYA (2017) ANALISIS PENGARUH KECEPATAN PUTAR DAN KECEPATAN PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN MATERIAL SKD 11 PADA MESIN BUBUT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
Hal Cover.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini, kualitas dan efektifitas menjadi salah satu target penting bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang engineering. Beberapa tuntutan yang harus dipenuhi seperti dimensi dengan toleransi kritis, tingkat kehalusan permukaan, kecepatan, dan ketelitian merupakan standar untuk proses machining. Bentuk dan kekasaran permukaan dari sebuah produk yang dihasilkan oleh mesin perkakas seperti mesin bubut memegang peranan yang penting. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan kekasaran permukaan produk tersebut berkaitan dengan gesekan, keausan, sistem pelumasan dan lain-lainnya. Proses permesinan akan menentukan kekasaran permukaan pada level tertentu dimana kekasaran permukaan tersebut dapat dijadikan acuan untuk evaluasi produk pemesinan. Kekasaran permukaan sebuah produk tidak harus memiliki nilai yang kecil. Salah satu produk yang dituntut memiliki kekasaran permukaan yang rendah adalah poros. Dalam analisa kekasaran permukaan, tahapan yang dilakukan adalah pemilihan jenis material benda kerja dan jenis pahat potong yang sering digunakan pada bengkel-bengkel produksi. Material benda kerja yang dipakai adalah SKD 11. Sedangkan jenis pahat potong yang digunakan adalah Karbida Sandvik. Untuk proses selanjutnya adalah proses pembuatan benda kerja dengan mesin bubut dengan variasi kecepatan putar dan kecepaan pemakanan. Kata kunci : kualitas, kecepatan putar, kecepatan pemakanan, kekasaran permukaan, SKD 11.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN 17 016
NIM/NIDN Creators: 41313310020
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kualitas, kecepatan putar, kecepatan pemakanan, kekasaran permukaan, SKD 11.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:28
Last Modified: 03 Aug 2022 08:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66775

Actions (login required)

View Item View Item