ANALISIS PENGARUH JARAK PENYEMPROTAN HVLP SPRAY GUN TERHADAP KUALITAS HASIL SEMPROTAN

LAKSANA, WIJAYA PANDU (2017) ANALISIS PENGARUH JARAK PENYEMPROTAN HVLP SPRAY GUN TERHADAP KUALITAS HASIL SEMPROTAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
Cover + Daftar Isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Pengaruh Jarak Penyemprotan HVLP Spray Gun terhadap Kualitas Hasil Semprotan”. Penulis meneliti hasil semprotan cat yang dihasilkan oleh HVLP spray gun berdasarkan pengaruh jarak penyemprotan antara ujung nozzle HVLP spray gun dengan permukaan benda kerja terhadap kualitas hasil semprotan cat yang dihasilkan karena hingga saat ini belum ada buku pedoman khusus yang menjelaskan jarak penyemprotan yang sudah ditentukan menjadi jarak yang paling optimal pada teknik pengecatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan eksperimen karena data diambil berdasarkan hasil ekperimen dari proses pengecatan dengan HVLP spray gun. Penelitian ini menggunakan variasi jarak semprot, yaitu 8 cm, 12 cm, 16 cm, 20 cm, dan 24 cm. Untuk mengetahui jarak yang paling ideal untuk menghasilkan kualitas hasil semprotan yang paling baik, peneliti melakukan pengukuran ketebalan cat dengan dry film thickness, analisis visual dengan mikroskop digital, dan perhitungan luas area hasil sebaran cat. Hasil penelitian ini menunjukkan jarak penyemprotan yang menghasilkan kualitas hasil semprotan paling baik adalah jarak 12 cm dan 16 cm berdasarkan hasil pengukuran ketebalan cat, jarak 16 cm berdasarkan analisis visual, dan jarak 16 cm berdasarkan perhitungan luas area hasil sebaran cat. Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai, yaitu untuk mengetahui jarak penyemprotan yang paling optimal pada HLVP spray gun sehingga nantinya dapat memberikan pedoman yang tepat pada teknik pengecatan. Kata kunci: jarak, spray, dan kualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN 17 002
NIM/NIDN Creators: 41312320017
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: jarak, spray, dan kualitas.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:28
Last Modified: 03 Aug 2022 06:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66734

Actions (login required)

View Item View Item