ANALISIS TEGANGAN PADA PIPA GAS LIFT BW PLATFORM DIAMETER 6 INCHI DENGAN PENDEKATAN CAESAR II

SUTOMO, ANDRI (2017) ANALISIS TEGANGAN PADA PIPA GAS LIFT BW PLATFORM DIAMETER 6 INCHI DENGAN PENDEKATAN CAESAR II. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
HAL COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
HAL DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)

Abstract

ABSTRAK Perencanaan konstruksi suatu industri, terutama pada industri kimia dan industri pengilangan minyak dan gas. Jalur perpipaan merupakan salah satu instalasi yang sangat vital. Karena pipa merupakan sarana transportasi fluida dari equipment yang satu ke equipment yang lainnya untuk dilakukan proses pengolahan selanjutnya. Maka dari itu perlu dilakukan analisa fleksibilitas sistem perpipaan. Dalam kondisi umum, biasanya pembebanan yang dialami pipa antara lain : beban sustain, beban occasional, beban ekspansi, dan beban operasi. Analisa fleksibilitas sistem perpipaan ini meliputi analisis tegangan, dan fleksibilitas pada pipa. Analisis ini bertujuan agar memperhatikan aspek teknis dan ekonomi, yang pada akhirnya diperoleh kondisi sistem perpipaan yang aman operasi. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan pemodelan sistem perpipaan pada Line No. GL-8112-XE-6” dengan menggunakan CAESAR II. Pada awalnya dilakukan perhitungan secara manual dari data-data yang sudah diberikan pada piping specification dari Client, setelah mendapatkan hasil perhitungan manual baru dilakukan perhitungan dengan menggunakan program CAESAR II . Pada kondisi akhir diperoleh kondisi dimana harga maksimum pada CPS = 73,415 N/mm2 (MPa). Harga tersebut masih dibawah tegangan maksimum yang diizinkan (σa) = 335,5 N/mm2. Sedangkan harga tegangan maksimum yang diizinkan akibat pemuaian dan penyusutan pada siklus yang berulang masih di bawah harga batas tegangan luluh material (maximum yield strength) = 358 N/mm2, dan tidak terjadi over stress sehingga dapat disimpulkan sistem perpipaan pada Line GL-8112-XE-6” aman beroperasi. Kata kunci : Tegangan, maximum yield strength, Over Stres.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN 17 001
NIM/NIDN Creators: 41312320016
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tegangan, maximum yield strength, Over Stres.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:24
Last Modified: 03 Aug 2022 06:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66730

Actions (login required)

View Item View Item