SURVEY QUESTION ANSWERING DENGAN MEMANFAATKAN CHATBOT TELEGRAM

LANGI, DIAN MUHTIAR (2019) SURVEY QUESTION ANSWERING DENGAN MEMANFAATKAN CHATBOT TELEGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal-Yudisium_Dian Muhtiar Langi(41513120004).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi pada saat ini dan keinginan lembaga survei untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan terhadap klien akan kebutuhan data, hal itu menuntut lembaga survei untuk melakukan pengambilan data secara cepat, tepat, dan akurat. Salah satu indikatornya adalah banyaknya lembaga survei pada saat ini, banyaknya perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta yang menggunakan jasa lembaga survei. Data survei sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam suatu perusahaan terutama untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan ide, gagasan bahkan strategi untuk mengembangkan perusahaan atau produknya. Namun masih banyak lembaga survei yang melakukan pengambilan data secara manual yaitu dengan menggunakan kertas, kondisi tersebut merupakan suatu kendala bagi lembaga survei dalam pengambilan data dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya operasional yang cukup besar. Salah satu solusi untuk hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan teknologi chatbot telegram. Chatbot adalah suatu program yang melakukan percakapan melalui audio atau teks, chatbot mempunyai fungsi utama yaitu didasarkan pada seperangkat aturan dan versi yang lebih maju menggunakan kecerdasan buatan. SQA (Survey Question Answering) adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memanfaatkan chatbot telegram dalam pengambilan data. Terdapat beberapa fitur utama pada SQA, yaitu 1) perusahaan atau klien bisa membuat suatu proyek survei, 2) perusahaan atau klien bisa membuat pertanyaan sesuai dengan proyek yang akan di teliti, 3) pengambilan data berbasis chat aplikasi telegram, 4) perusahaan atau klien dapat mendownload data dari hasil survei yang dilakukan. Dengan SQA akan membantu lembaga survei bisa lebih menghemat waktu dan menghemat biaya operasional dalam proses pengambilan data. Kata kunci: survei, chatbot, chatbot telegram, question, answering.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 302
Call Number: JM181900164
NIM/NIDN Creators: 41513120004
Uncontrolled Keywords: survei, chatbot, chatbot telegram, question, answering.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 520 Comprehensive Works of Astronomy/Karya Komprehensif tentang Astronomi
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 520 Comprehensive Works of Astronomy/Karya Komprehensif tentang Astronomi > 526 Marhematical Geography/Geografi Matematis
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 520 Comprehensive Works of Astronomy/Karya Komprehensif tentang Astronomi > 526 Marhematical Geography/Geografi Matematis > 526.9 Surveying/Survey
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:12
Last Modified: 24 Sep 2022 04:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66648

Actions (login required)

View Item View Item