Aplikasi Media Promosi Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Universitas Mercu Buana)

PRASETYO, SONYAWAN BILLY (2019) Aplikasi Media Promosi Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SURAT PERNYATAAN LUARAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. LEMBAR PERSETUJUAN PENGUJI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.ABSTRAK KERTAS KERJA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NASKAH JURNAL.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. KERTAS KERJA.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text
13. BAGIAN 1. LITERATURE REVIEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
14. BAGIAN 2. ANALISIS DAN PERANCANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
15. BAGIAN 3. SOURCE CODE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
16. BAGIAN 4. DATASET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
17. BAGIAN 5. TAHAPAN EKSPERIMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
18. BAGIAN 6. HASIL SEMUA EKSPERIMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sonyawan Billy Prasetyo NIM : 41515210007 Pembimbing TA : Sri Dianing Asri, ST, M.Kom Judul : Aplikasi Media Promosi Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Universitas Mercu Buana) Promosi merupakan salah satu kunci dalam sebuah usaha pemasaran agar meningkatkan daya Tarik pada suatu produk tertentu. Selain produk, pemasaran suatu instansi juga perlu dilakukan guna meningkatkan minat masyarakat. Promosi di universitas dapat meningkatkan minat calon mahasiswa baru untuk berkuliah di salah satu universitas. Promosi yang menarik dapat menambah minat serta keunikan tersendiri dalam melakukan promosi. Seiring berkembangnya waktu media promosi secara konvensional dengan brosur makin kurang diminati oleh masyarakat. Dari permasalahan ini munculah gagasan untuk melibatkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi di kampus Universitas Mercu Buana. Sehingga brosur promosi yang ada dapat menampilkan informasi lebih banyak dengan menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform Android dan dibangun pada program Unity. Dimana aplikasi ini adalah video streaming yang diambil dari kamera smartphone Android sebagai pendeteksi sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan mendeteksi dan melacak marker tiap gambar yang telah dikonfigurasi dan diintegrasikan pada link resmi Vuforia dengan menggunakan system tracking, sehingga model Informasi tambahan pada brosur Universitas Mercu Buana seolaholah akan muncul pada marker tersebut. Hasil dari testing Black box yang dilakukan, aplikasi ini menghasilkan hasil yang sesuai pada setiap tes yang dilakukan, sehingga aplikasi ini secara fungsi dapat digunakan sebagai media promosi dengan cara yang lebih menarik. Kata Kunci : Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle, Aplikasi Android ABSTRACT Name : Sonyawan Billy Prasetyo Student Number : 41515210007 Counsellor : Sri Dianing Asri, ST, M.Kom Title : Aplikasi Media Promosi Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus Universitas Mercu Buana) Promotion is one of the key in a marketing effort in order to increase the attractiveness of a particular product. In addition to products, marketing of an agency also needs to be done in order to increase public interest. Promotion at the university could increase the interest of prospective new students to study at one of the universities. Attractive promotions could add to their own interests and uniqueness in conducting promotions. As time goes on, conventional promotional media with brochures is increasingly less attractive to the public. From this problem came the idea to involve Augmented Reality technology as a media promotion on the campus of the Mercu Buana University. So that the existing promotional brochures can display more information by using AR technology (Augmented Reality) This application is an application that runs on the Android platform and built on the Unity program. Where this application is video streaming taken from the Android smartphone camera as a source of input detection, then this application will detect and track the markers of each image that has been configured and integrated in the official Vuforia link using the tracking system, so that additional information models on the Mercu Buana University brochure as if it would appear on the marker. The results of the Black box testing are carried out, this application produces results that are appropriate for each test conducted, so that this application could function as a promotional media in a more interesting way. Key Words: Keywords: media promotion, AR (Augmented Reality), 2D objects

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO 19 031
NIM/NIDN Creators: 41515210007
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle, Aplikasi Android
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:34
Last Modified: 02 Aug 2022 06:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66639

Actions (login required)

View Item View Item