IDENTIFIKASI PELUANG PENGHEMATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA BANGUNAN KOMERSIL DI GEDUNG MENARA RAJAWALI (27 LANTAI)

ARIFIN, MUHAMAD (2006) IDENTIFIKASI PELUANG PENGHEMATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA BANGUNAN KOMERSIL DI GEDUNG MENARA RAJAWALI (27 LANTAI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
PROPOSAL TUGAS AKHIR.doc

Download (44kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I (Pendahuluan)_rev.doc
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II (Teori Dasar)_rev.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III (Metode Penelitian)_rev.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (Hasil Penelitian)_rev.doc
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V (Pembahasan).doc
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab VI (Kesimpulan dan Saran)_rev.doc
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Identifikasi peluang penghematan energi adalah suatu kegiatan untuk mengenali, menelusuri, meneliti apakah pada gedung tersebut terdapat peluang penghematan energi atau tidak. Kegiatan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : survei pendahuluan, meminta ijin pengelola gedung, menyiapkan data dan peralatan untuk pengambilan data, pengambilan data, pengolahan data dan menarik kesimpulan. Secara luas tujuan penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan dengan kondisi lapangan yang sesungguhnya. Pada penelitian ini kami dapat menambah wawasan dan ketrampilan dalam teknik identifikasi peluang penghematan energi dalam bangunan gedung. Untuk pengelola gedung mereka dapat mengetahui secara keseluruhan kondisi konsumsi energi listrik di gedungnya dan dapat mengetahui peluang penghematannya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi : ventilasi dan pengkondidisn udara (AC), penerangan, motor listrik pada lift, pompa listrik, faktor daya dan kontrol proses (BAS). Untuk dapat mengetahui peluang penghematan energi maka data-data yang harus diambil meliputi : data konsumsi energi listrik harian, data penggunaan daya total gedung, data pembagian daya pada gedung, data pembebanan tiap lantai, data pembebanan chiller, data Air Handling Unit (AHU), data suhu dan kelembaban, data penggunaan penerangan, data penggunaan motor pada lift, dan data pompa air. Dari data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisa, ternyata gedung Menara Rajawali inimempunyai peluang penghematan. Peluang tersebut terdapat pada kapasitas daya yang terpasang (KVA) dapat diturunkan, setting temperature LCW pada kompresor dapat dinaikkan, jadwal pengoperasian lift dapat dipadatkan sedangkan untuk penerang dan pompa air dapat diidentifikasi adanya peluang penghematan energi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 0140312-110
Uncontrolled Keywords: IDENTIFIKASI PELUANG PENGHEMATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA BANGUNAN KOMERSIL DI GEDUNG MENARA RAJAWALI (27 LANTAI)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 110 Metaphysics/Metafisika
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 333 Economic of Land and Energy/Ekonomi Tanah dan Energi Ekonomis
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:51
Last Modified: 27 Jul 2022 03:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66237

Actions (login required)

View Item View Item