CHOERUNNISA, FITRIA (2018) APLIKASI PEMBELAJARAN ISLAMI TENTANG HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
||
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
Abstract
This learning application is designed with Augmented Reality technology as an interactive learning tool for early childhood which can give many perspective to user. In addition, with this application can bring back the habit of reading in children in accordance with the wishes of children using the gadget is increasing. The method used to use this application is multimedia software development method with Luther method consisting of several stages, Concept, Desain, Collecting Content Material, Assembly, Testing, and Distribution. The software used is Blender 3D to create its 3D objects and Unity as a software maker application. Test results from the use of this application, marker is very good when the distance marker to the camera is 20 cm - 40 cm and at the angle of 45o, 60o, 75o, 90o and with good light intensity. That way, this application can be used quite well and can be a fun learning media for children. Keywords : Augmented Reality, Learning Media, Blender 3D, Unity, Marker Aplikasi pembelajaran ini dibuat dengan teknologi Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran bagi anak usia dini secara interaktif yang dapat memberikan banyak perspektif kepada user. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini dapat memunculkan kembali kebiasaan membaca pada anak sesuai dengan keinginan anak menggunakan gadget yang semakin meningkat. Metode yang digunakan untuk menggunakan aplikasi ini adalah metode pengembangan perangkat lunak muutimedia dengan metode Luther yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu Concept, Desain, Collecting Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Software yang digunakan adalah Blender 3D untuk membuat objek 3D-nya dan Unity sebagai software pembuat aplikasi. Hasil pengujian dari penggunaan aplikasi ini, pedeteksian marker sangat baik ketika jarak marker ke kamera yaitu 20 cm – 40 cm dan pada sudut 45o, 60o, 75o, 90o serta dengan intensitas cahaya yang baik. Dengan begitu, aplikasi ini dapat digunakan dengan cukup baik dan dapat dijadikan media belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. Kata kunci : Augmented Reality, Sarana Pembelajaran, Blender 3D, Unity, Marker
Actions (login required)
View Item |