ROBOT PEMADAM API BERBASIS MICROCONTROLLER AT89C51

Handoko, Handoko (2007) ROBOT PEMADAM API BERBASIS MICROCONTROLLER AT89C51. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
TA doko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

memproduksi robot-robot mainan dengan berbagai jenis yang dapat dijadikan sebagai hobi oleh konsumennya. Robot-robot yang dijadikan sebagai hobi biasanya mempunyai bentuk-bentuk yang unik, seperti yang menyerupai manusia, binatang, maupun kendaraan yang sering digunakan oleh manusia. Robot-robot tersebut diprogram sehingga berfungsi sesuai dengan bentuk dari robot tersebut. Berdasarkan hal tersebut dibuatlah suatu robot mainan yang berbentuk menyerupai kendaraan yang dapat mencari dimana posisi lilin berada dan akan meniup lilin jika robot sudah berada cukup dekat dengan lilin. Robot tersebut adalah Robot Pemadam Api Robot pemadam api terdiri dari Sistem Pendeteksi Cahaya Lilin dan Badan Robot. Sistem pendeteksi cahaya lilin digunakan untuk mendeteksi cahaya yang dipancarkan oleh lilin. Badan robot digunakan untuk menopang sistem pendeteksi cahaya lilin. Robot pemadam api melaju di daerah yang berlandasan berwarna putih. Robot pemadam api akan berputar-putar mencari keberadaan api lilin, setelah mendeteksi keberadaan api robot akan segera maju mendekati api. Setelah sudah dekat dengan api robot akan meniup api lilin tersebut, kemudian akan mundur setelah api sudah mati dan akan berputar-putar lagi seperti di awal. Robot tidak dapat berfungsi dengan baik bila dioperasikan pada ruangan dengan tingkat intensitas cahaya yang terang sekali. Intensitas cahaya yang terang dapat mempengaruhi sensor pendeteksi cahaya lilin. Jarak radius antara robot dengan lilin hanya sekitar + 30 cm dengan sudut 100. Diluar jangkauan tersebut robot tidak dapat mendeteksi cahaya api liln.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 01403-024
Uncontrolled Keywords: ROBOT PEMADAM API BERBASIS MICROCONTROLLER AT89C51
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 550 Earth Sciences/Ilmu tentang Bumi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:18
Last Modified: 25 Jul 2022 06:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66113

Actions (login required)

View Item View Item