SUBAKTI, SUBAKTI (2007) ANALISA PERBANDINGAN KINERJA MESIN SUZUKI ST 100 MENGGUNAKAN BUSI EMPAT ELEKTRODA VS BUSI STANDAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (SKRIPSI FULL)
TA (SUBAKTI-01302-049).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Dalam menghadapi persaingan dibidang otomotif yang semakin ketat diantara produsen otomotif di Indonesia, maka dituntut adanya inovasi-inovasi yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kinerja kemampuan mesin. Untuk mengetahui karakteristik dan kemampuan mesin maka dilakukan serangkaian pengujian dengan menggunakan busi standar dan busi elektroda empat. Dalam pengujian ini terdapat beberapa parameter yang diperhatikan, yaitu : torsi, daya poros, laju konsumsi bahan bakar, konsumsi bahan bakar spesifik, efisiensi thermal. Penelitian dilakukan pada putaran poros 1000 rpm sampai 2250 rpm. Pengukuran dilakukan terhadap konsumsi bahan bakar, beban, putaran dan laju alir masing-masing dengan alat ukur neraca beban, tacho meter, fuel gauge, stop watch dan thermometer, sedangkan peralatan pengujian yang digunakan adalah motor bensin Suzuki ST 100 970 cc. Dari hasil penelitian menunjukan pemakain busi bermasa empat dapat meningkatkan unjuk kerja dari mesin. Torsi yang dihasilkan busi masa empat memiliki torsi yang lebih besar 19,4 % dari busi standar. Daya poros yang dihasilkan busi masa empat meningkat pada putaran tinggi sebesar 20,2 %, serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit 19,1 % dan efisiensi thermal sebesar 9,9 %.
Actions (login required)
View Item |