PENGARUH PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MINAT MASUK DI STMIK DHARMA PUTRA TANGERANG

KARMAWAN, I GUSTI MADE (2007) PENGARUH PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MINAT MASUK DI STMIK DHARMA PUTRA TANGERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Abstract)
ABSTRAC_InggrisT.pdf

Download (597kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak_Indonesia.pdf

Download (669kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
Kata_Pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (Bab 1-6)
Ringkasan_Tesis .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

As a one of private college, STMIK Dharma Putra Tangerang had been executed Education Service Marketing Mix Program in order to generate high-skilled and well- known graduate in this country. Much of competition in new student enrollment caused this college have to defense its existent by having the competitive advantage, which is: the added value in the student’s and public’s mind set than the other private colleges. This research is using a measurement of The influence of services Marketing Mix implementation to the student’s perseption about continuing their study in STMIK Dharma Putra Tangerang. Beside the interview technique, this research is also using questionnaire which was distributed to 72 students of STMIK Dharma Putra Tangerang in Information Technology and Information System Majoring. By the research in hypothesis testing of The influence of services Marketing Mix implementation to the student’s perseption about continuing their study in STMIK Dharma Putra Tangerang, is founded that result from the students is between “setuju” and “sangat setuju”. However, most of the respondents gave “setuju” responses and it tiny increase from 7 minor hypothetical, which are: service product, price/cost, distribution/location, people, physical facility, and process mix in education. Method analysis which is used in this research is student amount in 3 years, started from 2003 to 2007. The statistical testing used factor analysis which its variables are: “produk jasa” (X1), “harga/biaya” (X2), “distribusi/lokasi”(X3), “promosi”(X4), “orang(people)”(X5), “sarana fisik”(X6), “proses(peoces)”(X8). The result of the service marketing mix to the amount of accepted students are relatively equal for each of sub-variable element. By the research, is founded that marketing mix sub-variable for the amount of accepted student got a good valuation form the respondents (students). Marketing mix sub- variables which got “perlu” valuation are “produk jasa”(X1) and “bauran promosi”(X4) in education. The highest direct contribution which is reached by service marketing mix to the amount of accepted student is “penanganan promosi” (19.014%) and the lowest is “penanganan proses” service marketing mix, which is only got 6.152%. STMIK Dharma Putra Tangerang sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta telah melaksanakan Program Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang handal dan diakui dengan baik di dalam Negeri. Adanya persaingan dalam penerimaan mahasiswa baru menyebabkan suatu perguruan tinggi harus dapat mempertahankan agar dapat tetap langgeng keberadaannya dengan memiliki Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) yaitu : memiliki suatu keunggulan di mata mahasiswa dan masyarakat dibanding Perguruan Tinggi swasta lainnya. Di dalam penelitian ini dilakukan pengukuran mengenai Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Minat Masuk di STMIK Dharma Putra Tangerang. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 72 orang mahasiswa STMIK Dharma Putra Tangerang, dengan Jurusan Teknik Informasi dan Sistem Informasi. Dari hasil penelitian di lapangan dalam menguji hipotesis tentang Penerapan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Minat Masuk pada STMIK Dharma Putra Tangerang mendapatkan penilaian antara setuju dengan sangat setuju dari mahasiswa. Namun sebagian besar responden (mahasiswa), memberikan tanggapan setuju dan sedikit meningkat dari 7 buah hipotesis minor yaitu : produk jasa, harga/biaya, distribusi/lokasi, promosi, orang/people, sarana fisik dan bauran Proses di pendidikan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah mahasiswa dalam waktu 3 tahun yaitu mulai tahun 2003 sampai dengan 2007. Dari pengujian statistic dengan menggunakan Analisa Faktor yang sub variabelnya terdiri dari : produk jasa(X1), harga/biaya(X2), distribusi/lokasi(X3), promosi(X4), orang(people) (X5), sarana fisik(X6), proses(proces) (X&), ternyata bauran pemasaran jasa terhadap jumlah mahasiswa yang diterima (Y) adalah relative sama/merata hasil dan tiap unsur sub variable tersebut. Dari hasil penelitian di lapangan tersebut diperoleh bahwa sub variable bauran pemasaran mengenai Minat Masuk yang diterima mendapat penilaian baik dari mahasiswa yang menjadi responden. Sub Variabel bauran pemasaran yang mendapatkan penilaian perlu adalah produk jasa (X1) dan bauran promosi (X4) di pendidikan. Kontribusi langsung terbesar diperoleh dari bauran pemasaran jasa terhadap Minat Masuk adalah penanganan proses (process) (0,2630 %). Sedangkan kontribusi tidak langsung terbesar adalah harga/biaya (X2) dan (proses(process) (X7) yaitu : 3,690 %

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-073
NIM/NIDN Creators: 55105120005
Additional Information: tidak ada cover, pengesahan, pernyataan, daftar isi dan lampiran
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:52
Last Modified: 20 Jul 2022 02:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/65552

Actions (login required)

View Item View Item