SUTIYONO, ANTON (2007) OPTIMASI LUBANG BAUT SUSPENSI DENGAN SOFTWARE FINITE ELEMENT ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Judul Tugas Akhir Anton Sutiyono.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text (ISI SKRIPSI)
Tugas Akhir Anton Sutiyono.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Dalam perancangan suatu struktur mesin, kekuatan struktur dalam menahan beban adalah suatu yang perlu diperhatikan. Kekuatan struktur tergantung kepada jenis material dan bentuk (shape). Menurut Michael F. Asbhy terdapat material index yang merupakan nilai kekuatan material yang tergantung pada jenis material, bentuk struktur dan beban yang dialami struktur. Berdasarkan teori tersebut penulis melakukan optimasi bentuk untuk meningkatkan kekuatan struktur tanpa mengubah jenis material. Bagian penahan suspensi belakang sepeda motor menahan beban yang dialami oleh roda belakang, dari hasil simulasi didapat bahwa terjadi konsentrasi tegangan sebesar 6.76 x 107 N/m2 pada lubang poros suspensi yang akan berpengaruh pada ketahanan produk, untuk mengurangi efek konsentrasi tegangan tersebut, dilakukan optimasi bentuk sehingga didapat bahwa konsentrasi tegangan sudah berkurang 93.5 % pada penahan suspensi yang sudah dioptimasi dan Faktor Keamanan produk meningkat dari 5.2 menjadi 46.8 atau meningkat hingga 900 %.
Actions (login required)
View Item |