PERBANDINGAN BEBAN PENDINGINAN PADA PESAWAT UDARA TIPE BOEING 737 – 200 YANG MENGGUNAKAN BLANKET TIPE METALLIZED POLYETHYLENETERAPHTHALATE (MPET) DENGAN TIPE FIBROUS CERAMIC

Sutrisno, Heru Prasetya (2007) PERBANDINGAN BEBAN PENDINGINAN PADA PESAWAT UDARA TIPE BOEING 737 – 200 YANG MENGGUNAKAN BLANKET TIPE METALLIZED POLYETHYLENETERAPHTHALATE (MPET) DENGAN TIPE FIBROUS CERAMIC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
Cover.doc

Download (62kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.doc

Download (23kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.rtf

Download (9kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.doc

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.doc

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar Gambar.doc

Download (28kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I Pendahuluan.doc
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II Landasan Teori.doc
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Data Perencanaan.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Perhitungan Beban Pendinginan.doc
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Kesimpulan dan SAran.doc
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.doc
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran A (Tabel Data Perhitungan Beban Pendinginan).doc
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Pesawat tipe Boeing 737 – 200 adalah pesawat yang dibuat pada tahun 1980. Setelah mencapai 50.000 cycles pesawat dianjurkan mengalami modifikasi blanket oleh Perusahaan Boeing. Dengan modifikasi blanket pada pesawat tipe Boeing 737 – 200 yang dilakukan oleh Aero Nusantara Indonesia, PT selaku perusahaan perawatan pesawat. Maka penulis melakukan penyusunan Tugas Akhir yang meganalisa perbandingan beban pendinginan sebelum modifikasi blanket dan setelah modifikasi blanket dari tanggal 9 Juni 2006. Kondisi awal pesawat menggunakan blanket dengan tipe Metallized Polyethyleneteraphthalate (MPET) yang dianjurkan tidak digunakan lagi pada pesawat Boeing 737 – 200, dan diganti dengan tipe Fibrous Ceramic. Sistem pendingin pada Pesawat tipe Boeing 737 – 200 ini adalah sistem bootstrap yaitu terdiri dari Primary Heat Exchanger, Secondary Heat Exchanger, ACM (Air Cycle Machine) dan Water Separator. Pada penukar kalor (Heat Exchanger) terjadi perpindahan panas dari udara ke udara (air to air heat exchanger). Dengan menggunakan sistem CLTD (Cooling Load Temperatur Difference) penulis melakukan analisa perhitungan perbandingan beban pendinginan pada pesawat Boeing 737-200 dan diperoleh hasil – hasil sebagai berikut : 1. Kapasitas pendinginan dengan blanket tipe metallized polyethyleneteraphthalate (MPET) adalah 51016,402 Watt. 2. Kapasitas pendinginan dengan blanket tipe fibrous Ceramic adalah 50920,261 Watt. 3. Terjadi kenaikan effisiensi beban pendinginan sebesar 96,141 Watt atau 0,18 %.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 0130311-110
Uncontrolled Keywords: PERBANDINGAN BEBAN PENDINGINAN PADA PESAWAT UDARA TIPE BOEING 737 – 200 YANG MENGGUNAKAN BLANKET TIPE METALLIZED POLYETHYLENETERAPHTHALATE (MPET) DENGAN TIPE FIBROUS CERAMIC
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olah Raga Luar Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olah Raga Luar Ruangan > 796.4 Weight Lifting, Track and Field, Gymnastic/Angkat Besi, Senams
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:59
Last Modified: 11 Jul 2022 06:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64950

Actions (login required)

View Item View Item