SARI, DESTI KURNIA (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA METODE K-MEDOIDS UNTUK PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK (Studi kasus : PT.Nirwana Nusantara Cemerlang ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (JURNAL MAHASISWA)
41814110175-Destikurniasari.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
Abstract
This study aims to design, build, and implement the K-Medoids Method for Managing Product Sales Data that is useful to support the ongoing business processes at PT. Nirwana Nusantara Cemerlang, such as providing information on product names, stock items, quantity of goods, customer data. This application is designed using UML diagrams and PHP programming languages, and PHP MySQL as a database in making product sales data management applications. This application is expected to improve the quality of service at PT. Nirwana Nusantara Cemerlang, Product marketing strategy is very important for companies where the marketing strategy is the main approach used by business units in achieving goals which include decisions regarding target markets, placement product, marketing mix, and the level of marketing costs required. To be able to carry out a product marketing strategy that is more effective and efficient, it is necessary to process sales data. This data processing method is often referred to as data mining. This research will use the K-Medoids algorithm to group sales data, so that information will be found that can be used to determine the right product marketing strategy. Keywords:strategy,marketing,products,clusters,k-medoids Penelitian ini tertujuan untuk merancang, membangun, dan mengimplementasikan Metode K-medoids untuk Pengelolahan Data Penjualan Produk yang berguna untuk mendukung proses bisnis yang sedang berjalan pada PT.Nirwana Nusantara Cemerlang , Seperti Menyediakan Informasi nama barang , stock barang , jumlah barang , data pelanggan . Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan diagram-diagram UML dan bahasa pemprograman PHP, serta PHP MySQL sebagai basis data dalam pembuatan aplikasi pengelolaan Data penjualan produk. Aplikasi ini Diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada PT.Nirwana Nusantara Cemerlang , Strategi pemasaran produk merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang di dalamnya tercantum keputusan-keputusan mengenai target pasar, penempatan produk, bauran pemasaran, serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Untuk dapat melakukan strategi pemasaran produk yang lebih efektif dan effisien, maka perlu dilakukan pengolahan data penjualan. Metode pengolahan data seperti ini sering disebut sebagai data mining. Pada penelitian ini akan menggunakan algoritma K-Medoids untuk pengelompokan data penjualan, sehingga akan ditemukan informasi yang dapat digunakan untuk penentuan strategi pemasaran produk yang tepat. Kata kunci : strategi, pemasaran, produk, cluster, k-medoids
Actions (login required)
View Item |