APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DENGAN ALGORITMA FISHER-YATTES

HASAN, MUHAMMAD SAIDI (2020) APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DENGAN ALGORITMA FISHER-YATTES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
jurnal 41514010150 muhammadsaidihasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

According from most learning applications, it still uses the Question Bank to make mathematical questions such as math operations lessons, as well as answers must be in accordance with the answer key. This makes an application do not have variations in displaying questions, when adding a question the answer key must also be included. The method used in research uses qualitative and observational, looking at a set of similar applications and analysis of the application of the application. The questions displayed by the application sometimes issue similar questions and similar position answers, this will make players tend to memorize. By utilizing a random number function created by a computer, the application of mathematical questions can be varied, also changing the mechanism of a game. Then use of the Fisher-Yattes algorithm to randomize the position of the answer. By implementing a random function in making questions, it will not be easy to guess and make players think to answer it. Random numbers can make the number of question material into one application that becomes a display for various questions. Key words: Number randomization, similar questions, randomization of answers, Observative research methods Ditinjau dari kebanyakan sebuah aplikasi pembelajaran masih menggunakan Bank Soal untuk membuat soal matematika seperti pelajaran operasi matematika, begitu pula dengan jawaban harus sesuai dengan kunci jawaban. Hal tersebut membuat sebuah aplikasi tidak mempunyai variasi dalam menampilkan soal, ketika penambahan soal pun kunci jawaban harus diikut sertakan. Metode yang digunakan dalam meniliti menggunakan kualitatif dan observatif, melihat dari sekumpulan aplikasi yang serupa dan analisa dari jalannya aplikasi tersebut. Soal yang ditampilkan aplikasi terkadang mengeluarkan soal serupa dan posisi jawaban yang serupa, hal ini akan membuat pemain cenderung menghafal. Dengan memanfaatkan fungsi angka random yang dibuat oleh komputer maka aplikasi soal matematika dapat dibuat bervariasi, juga mengganti mekanisme sebuah permainan. Lalu penggunaan algoritma Fisher-Yattes dalam mengacak posisi jawaban. Dengan mengimplementasikan fungsi random dalam pembuatan soal, itu tidak akan mudah tertebak dan membuat pemain berfikir untuk menjawabnya. Angka acak dapat membuat banyaknya materi soal menjadi satu aplikasi yang menjadi tampilan untuk soal yang beragam. Kata Kunci : Pengacakan bilangan,soal serupa, pengacakan jawaban, Metode Penelitian Observatif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 20 023
NIM/NIDN Creators: 41514010150
Uncontrolled Keywords: Pengacakan bilangan,soal serupa, pengacakan jawaban, Metode Penelitian Observatif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:58
Last Modified: 23 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63871

Actions (login required)

View Item View Item