MANURUNG, IDOLA SARI (2019) PEMANFAATAN TEKNOLOGI SECARA POSITIF BAGI ANAK DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
jurnal idola 41517110098.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
Abstract
In the current digital era, the development of information technology has been very rapid and has penetrated almost all sides of human life, both in social, cultural, economic, political, and also education. The speed of the development of information technology is unavoidable, and has penetrated the lives of children. As in the world of education, the concept of learning has also changed to become more dynamic, where children must be more active and able to learn anywhere and anytime by utilizing increasingly sophisticated information technology. However, not all children can feel the great development of information technology and even many children who have never been in touch with this technology. Of course, with the increasingly sophisticated technology in this era, there are also many negative impacts that always haunt it if its utilization is not right, especially for children which can damage their future. Based on this, the team for community service carries out activities that provide teaching with approach and mentoring methods around technological development, and how to use them positively, especially those that can support children's learning activities at the Yayasan Remaja Masa Depan Orphanage. The results of this training show the level of success with an indication of the conformity of the material with the needs for the children of Yayasan Remaja Masa Depan Orphanage, and also the positive response from the participants, most of them active and like the questions and exercises given to them, namely training by using the learning application. Key words: the role of technology, technology utilization, learning applications, digital era Pada era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi sudah sangat pesat dan sudah merasuki hampir seluruh sisi kehidupan manusia, baik dalam sosial, budaya, ekonomi, politik, dan juga pendidikan. Kecepatan perkembangan teknologi informasi tidak dapat dihindari, dan sudah jauh merasuki kehidupan anak-anak. Seperti dalam dunia pendidikan, konsep pembelajaran juga sudah berubah menjadi lebih dinamis, yang mana anak harus lebih aktif dan dapat belajar dimana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin canggih. Akan tetapi belum semua anak bisa merasakan hebatnya perkembangan teknologi informasi ini bahkan masih banyak anak yang belum pernah bersentuhan dengan teknologi ini. Tentu dengan semakin canggihnya teknologi pada era ini, banyak juga dampak negatif yang selalu menghantui apabila pemanfaatannya tidak tepat, khususnya bagi anak-anak yang mana dapat merusak masa depan mereka. Berdasarkan hal tersebut, tim pelaksana pengabdian masyarakat menjalankan kegiatan yang memberi pengajaran dengan metode pendekatan dan pendampingan seputar perkembangan teknologi, dan bagaimana penggunaannya secara positif khususnya yang bisa menunjang kegiatan belajar anak-anak yang ada di Panti Asuhan Yayasan Remaja Masa Depan Tebet. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuain materi dengan kebutuhan anak-anak Panti Asuhan Yayasan Remaja Masa Depan, dan juga adanya respon yang positif dari peserta, sebagian besar dari mereka aktif dan menyukai soal beserta latihan yang diberikan kepada mereka, yaitu latihan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran. Kata kunci: peranan teknologi, pemanfaatan teknologi, aplikasi pembelajaran, era digital
Actions (login required)
View Item |