ANALISA SIKAP NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA BANK DANAMON SYARIAH (Studi Kasus di 4 Cabang Bank Danamon Syariah Jakarta)

JUWITA, RITA (2007) ANALISA SIKAP NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA BANK DANAMON SYARIAH (Studi Kasus di 4 Cabang Bank Danamon Syariah Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (775kB)
[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf

Download (757kB)
[img] Text (Isi)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dibahas di dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor yang dominan yang mempengaruhi sikap nasabah dalam menggunakan jasa Bank Danamon Syariah, bagaimana sikap nasabah terhadap faktor-faktor terebut, dan Bagaimana hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah untuk menggunakan jasa Bank Danamon Syariah dengan keputusan nasabah memilih Bank Danamon Syariah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah tersebut adalah Prinsip Syariah Islam, Perekonomian Islam, Bagi Hasil yang tinggi, Product menarik, Jumlah Cabang, Fasilitas dan Jaringan ATM banyak, Pelayanan Cepat, CS ramah, Lokasi Strategis, Gedung Cabang Nyaman, Informasi Teman, Iklan melalui media dan sosialisasi, Bank yang dikenal & dipercaya , dan Unit dari bank besar Dalam penelitian ini metode pengambilan sample akan dilakukan dengan metode Non probability sampling dengan teknik accidental sampling sebanyak 117 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, descriptive, analisa faktor Sedangkan Sikap responden diuji dengan menggunakan Teori Fishbein. Hasil dari penelitian ini menjunjukkan bahwa KMO (Keisein Meiyer Olkin) sebesar 0,788 ( di atas 0,6). Ini menunjukkan bahwa ke 14 variabel dalam penelitian yaitu Prinsip Syariah, Perekonomian Islam, Bagi Hasil yang tinggi, Product menarik, Jumlah Cabang, fasilitas dan Jaringan ATM banyak, Pelayanan Cepat, CS ramah, Lokasi Strategis, Gedung Cabang Nyaman, Informasi Teman, Iklan melalui media, Bank yang dikenal & dipercaya , Unit dari bank besar mempunyai korelasi yang kuat dan signifikan. Nilai MSA yang diperoleh rata-rata di atas 0,5 menunjukkan bahwa ke 14 variable di atas dapat dilanjutkan (atau competent) untuk dijadikan variable dalam instrument penelitian. Sedangkan sikap nasabah yang dengan menggunakan teori Fishbein mengungkapkan bahwa faktor (atribut) dianggap penting oleh nasabah adalah adalah atribut Syariah Islam dan atribut Memajukan Perekonomian Islam. Masalah yang dibahas di dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor yang dominan yang mempengaruhi sikap nasabah dalam menggunakan jasa Bank Danamon Syariah, bagaimana sikap nasabah terhadap faktor-faktor terebut, dan Bagaimana hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah untuk menggunakan jasa Bank Danamon Syariah dengan keputusan nasabah memilih Bank Danamon Syariah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah tersebut adalah Prinsip Syariah Islam, Perekonomian Islam, Bagi Hasil yang tinggi, Product menarik, Jumlah Cabang, Fasilitas dan Jaringan ATM banyak, Pelayanan Cepat, CS ramah, Lokasi Strategis, Gedung Cabang Nyaman, Informasi Teman, Iklan melalui media dan sosialisasi, Bank yang dikenal & dipercaya , dan Unit dari bank besar Dalam penelitian ini metode pengambilan sample akan dilakukan dengan metode Non probability sampling dengan teknik accidental sampling sebanyak 117 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, descriptive, analisa faktor Sedangkan Sikap responden diuji dengan menggunakan Teori Fishbein. Hasil dari penelitian ini menjunjukkan bahwa KMO (Keisein Meiyer Olkin) sebesar 0,788 ( di atas 0,6). Ini menunjukkan bahwa ke 14 variabel dalam penelitian yaitu Prinsip Syariah, Perekonomian Islam, Bagi Hasil yang tinggi, Product menarik, Jumlah Cabang, fasilitas dan Jaringan ATM banyak, Pelayanan Cepat, CS ramah, Lokasi Strategis, Gedung Cabang Nyaman, Informasi Teman, Iklan melalui media, Bank yang dikenal & dipercaya , Unit dari bank besar mempunyai korelasi yang kuat dan signifikan. Nilai MSA yang diperoleh rata-rata di atas 0,5 menunjukkan bahwa ke 14 variable di atas dapat dilanjutkan (atau competent) untuk dijadikan variable dalam instrument penelitian. Sedangkan sikap nasabah yang dengan menggunakan teori Fishbein mengungkapkan bahwa faktor (atribut) dianggap penting oleh nasabah adalah adalah atribut Syariah Islam dan atribut Memajukan Perekonomian Islam.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-062
NIM/NIDN Creators: 55105110039
Uncontrolled Keywords: perbankan, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:54
Last Modified: 18 Jul 2022 07:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63221

Actions (login required)

View Item View Item