ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN DANA PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2002-2005

WAHYUDI, HIDAYAT (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN DANA PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2002-2005. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Isi)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Bank Syariah sebagai salah satu sistem perbankan di Indonesia juga mempunyai fungsi untuk turut mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia dengan menyalurkan kredit investasinya kepada masyarakat meskipun nilai kapitalisasi pasarnya tidak sebesar Bank Umum atau Bank Konvesnional lainnya. Perkembangan jumlah dana yang disalurkan sebagai kredit dari Bank Syariah, jumlah kredit yang disalurkan Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri terus mengalami kenaikan mulai dari periode tahun 2002 sampai tahun 2005. Kondisi ini menggambarkan bahwa Bank Syariah sudah dapat menaikkan kemampuannya dalam menyalurkan kredit pasca krisis ekonomi 1997. (Bank Indonesia, 2003). Metode Penelitian yang digunakan adalah Causal Comparative yaitu untuk menentukan suatu sebab dari sesuatu yang sudah terjadi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisa diskriptif, pengujian pelanggaran asumsi klasik (Uji BLUE) meliputi uji autokorelasi, multikolinearitas dan uji heteroskedasitas.Analisa regresi, Analisa korelasi & determinasi, dan uji hipotesa penelitian (uji F dan uji t). Besarnya jumlah kredit yang disalurkan oleh Bank Syariah dapat dilihat dari dua faktor utama yaitu dari segi permintaan (demand) dan penawaran (supply). Pada penelitian ini lebih menekankan mengkaji pengaruh jumlah dana yang disalurkan oleh bank syariah dari faktor penawaran dengan empat variabel sebagai prediktornya, yaitu (1) Dana Pihak Ketiga (2) Ekuitas/modal sendiri (3) Non Performing Loan dan (4) Margin & Bagi Hasil. Hasil empiris menunjukkan jumlah penyaluran dana dari bank syariah ditentukan oleh faktor jumlah dana pihak ketiga , jumlah modal Sendiri, rasio non performing loan serta margin & bagi hasil. Keempat faktor tersebut secara bersama- sama memberikan kontribusi sebesar 98 % atau 98 % dari penyaluran dana bank syariah ditentukan oleh keempat faktor tersebut dan hanya 2 % yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Hasil analisa parsial, pada bank Muamalat, keempat faktor yang meliputi dana pihak ketiga yang dihimpun bank, jumlah modal Sendiri, rasio non performing loan dan margin & bagi hasil masing-masing mempunyai pengaruh individual yang signifikan terhadap jumlah dana yang disalurkan sebagai kredit. Sedangkan pada bank syariah Mandiri diketemukan non performing loan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap jumlah dana yang disalurkan sebagai kredit oleh bank syariah Mandiri. Berdasarkan persamaan regresi berganda pada kedua bank syariah, menghasilkan persamaan yang tidak identik, Karena ada perbedaan pada penentuan variabel yang mempunyai pengaruh paling signifikan. Pada analisa bank Muamalat, diketahui dana pihak ketiga merupakan variabel paling berpengaruh, sedangkan pada analisa bank syariah Mandiri diketahui variabel margin dan bagi hasil merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-006
NIM/NIDN Creators: 5510412-106
Uncontrolled Keywords: perbankan, mku, manajemen keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:50
Last Modified: 18 Jul 2022 02:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63194

Actions (login required)

View Item View Item