UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI PIHAK AGEN DALAM MEMASARKAN PRODUK PT. MUSICA STUDIO’S

NATANEGARA, ROMI RAMDAN (2007) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI PIHAK AGEN DALAM MEMASARKAN PRODUK PT. MUSICA STUDIO’S. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Thesis Full)
THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Strategic relationships among producers, distribution channel organizations and customers (end-users of goods) occur for several reasons. The objective may be to gain access to markets, enhance value offerings, reduce the risks generated by rapid environmental change, share complementary skills, or obtain resources beyond those available to a single enterprise. These relationships are not recent innovations, but they are escalating in importance because of the environmental complexity and risks of a global economy, and the skill and resources limitations of a single organization. Gaining competitive advantage increasingly demands cooperative relationships in order to access technology, expand resources, improve productivity and quality, and penetrate new markets. Marketing relationship are important avenues to building strong bonds with customers. In this tight competition of music industry in Indonesia markets, it is important to identify the distributor (agents) wants. In this research, writer tried to see the correlation between products quality, agents advantages, and services quality with agents desire to marketing Musica Studio’s products, such as audio cassette, CD and VCD. It is important, because agents as distribution channel organizations have a function to distribute the products to retailers, where the customers (end-users of goods) can reach the products. The result of the research, show that there is no correlation between product quality with agents desire to marketing Musica products. There is correlation between agents advantages and services quality with agents desire to marketing Musica products, but with no significant influence. It is then concluded that beside we maintained quality of serving and give more advantages for the agents, we have to find new factors that really have a significant correlation with agents desire to marketing Musica products. Strategi hubungan antara produsen, anggota saluran distribusi dan konsumen biasanya terjadi untuk beberapa alasan. Tujuannya bisa jadi untuk mendapat keuntungan dalam mencapai pasar, mempertinggi nilai penawaran, mengurangi resiko yang disebabkan perubahan lingkungan yang cepat, saling mengisi dan berbagi kemampuan, atau mendapatkan sumber daya yang sulit dicapai oleh satu perusahaan saja. Hubungan tersebut adalah bukan hal atau inovasi baru, tetapi merupakan hal yang penting karena kompleksitas lingkungan, resiko dari perubahan ekonomi global, dan terbatasnya sumber daya yang dimiliki oleh satu perusahaan. Mendapatkan keuntungan yang kompetitif semakin meningkat seiring dengan permintaan hubungan dalam hal akses teknologi, perluasan sumber daya, peningkatan produktivitas dan kualitas, serta penetrasi ke pasar baru. Hubungan pemasaran sangat penting dalam membangun ikatan yang kuat dengan konsumen. Dalam persaingan yang ketat di bidang industri musik di Indonesia , adalah suatu hal yang penting untuk mengetahui keinginan para distributor (agen). Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengetahui hubungan antara variabel mutu produk, keringanan atau keuntungan yang diperoleh agen, serta mutu pelayanan dengan keinginan agen untuk memasarkan produk Musica Studio’s seperti kaset, CD, dan VCD, terutama untuk produk-produk yang kurang laku di pasar. Hal itu sangat penting mengingat peran agen sebagai anggota saluran distribusi yang berfungsi untuk mendistribusikan barang hingga ke tingkat pengecer, sehingga konsumen akhir dapat meraih atau membeli produk tersebut. Hasil dari analisa penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara mutu produk dengan keinginan agen dalam memasarkan produk Musica. Terdapat hubungan antara keringanan yang diperoleh agen dan mutu pelayanan terhadap keinginan agen dalam memasarkan produk Musica, tetapi pengaruhnya tidak signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa disamping harus mempertahankan mutu pelayanan dan memberikan keringanan kepada agen, juga harus ditemukan faktor-faktor apa saja yang signifikan yang mempengaruhi keinginan agen dalam memasarkan produk Musica, khususnya untuk produk yang kurang laku di pasar.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-037
NIM/NIDN Creators: 55105110117
Uncontrolled Keywords: saluran distribusi, pasar, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 11 Jun 2022 02:35
Last Modified: 18 Jul 2022 06:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63140

Actions (login required)

View Item View Item