Aplikasi Pemesanan Ruang Meeting Berbasis Web Menggunakan Algoritma Graph Coloring Pada PT. Mandiri Utama Finance

MAULANA, IRFAN (2022) Aplikasi Pemesanan Ruang Meeting Berbasis Web Menggunakan Algoritma Graph Coloring Pada PT. Mandiri Utama Finance. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

The system of recording, scheduling and storing of data of process using the room applied to the manual system that is recorded in books and working papers can cause problems, one of which is the inefficiency of time, place of record keeping results, difficult in searching the past data and making the report becomes difficult because the data needed to make it not well organized. To overcome these problems, make a design and manufacture of computerized information systems use of the room that includes recording room data, lending room and making related reports. The information system of the use of this room applied to the PT. Mandiri Utama Finance. The algorithm used to set up regular meeting schedules for each division a color graph algorithm to avoid simultaneous usage, which results from this application, to reduce time for both the order and the schedule of available and limited meeting rooms. By using the information system of using room web-based then it can hlp the equipment department to manage the lending of the room in terms of recording data on lending and provide information directly to the prospective borrower of the room regarding the status of demand online. The information system of using room is appropriately applied because all the processes can be done by online. The information system for room use is particularly appropriate because all processes can be done online. After implementation, it can provide ease to the meeting's nuance order and avoid the simultaneous session of nmoney meetings, besides that this system can generate reports by exporting transaction data into the format excel. Key words: Application, Color graph, reservations, scheduling, meeting room. Sistem pencatatan, penjadwalan dan penyimpanan data proses penggunaan ruang yang diterapkan dengan sistem manual yaitu dicatat pada buku dan kertas kerja saja dapat menimbulkan permasalahan, salah satunya adalah ketidakefisienan waktu, tempat penyimpanan hasil pencatatan, sulit dalam pencarian data yang lampau dan pembuatan laporan menjadi sulit karena data yang yang diperlukan untuk membuatnya tidak tersusun dengan baik sehingga menyulitkan dalam proses pembuatannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan perancangan dan pembuatan sistem informasi penggunaan ruangan secara terkomputerisasi yang meliputi pencatatan data ruangan, peminjaman ruangan dan pembuatan laporan yang terkait. Adapun sistem informasi penggunaan ruangan ini diterapkan pada PT. Mandiri Utama Finance. Algoritma yang di gunakan untuk mengatur penjadwalan meeting rutin pada setiap divisi menggunakan algoritma color graph untuk menghindari terjadinya pemakaian yang bersamaan. Hasil dari aplikasi ini adalah untuk mengurangi waktu untuk memesan dan menentukan jadwal ruang meeting yang tersedia dan juga terbatas. Dengan menggunakan sistem informasi penggunaan ruangan berbasis web maka dapat membantu bagian perlengkapan mengelola peminjaman ruangan dalam hal pencatatan data peminjaman dan memberikan informasi langsung kepada calon peminjam ruangan mengenai status pemintaannya secara online. Sistem informasi penggunaan ruangan sangat tepat diterapkan karena semua proses dapat dilakukan secara online. Setelah melakukan implementasi, sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam pemesanan ruangan meeting serta menghindari terjadinya pemakaian ruang meeting diwaktu yang bersamaan, selain itu sistem ini dapat membuat laporan dengan cara eksport data transaksi ke dalam format excel. Kata kunci: Aplikasi , Color Graph, Pemesanan, Penjadwalan, Ruang Meeting.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 22 002
NIM/NIDN Creators: 41518120056
Uncontrolled Keywords: Aplikasi , Color Graph, Pemesanan, Penjadwalan, Ruang Meeting.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:16
Last Modified: 09 Jun 2022 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62948

Actions (login required)

View Item View Item