ANALISA STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN PERUNGGASAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Strategi Pemasaran Perusahaan Perunggasan PT. Multi Sarana Pakanindo Jakarta)

KUNTJORO, FX HARI (2007) ANALISA STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN PERUNGGASAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Strategi Pemasaran Perusahaan Perunggasan PT. Multi Sarana Pakanindo Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Bab 1 - 6)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Hari Kuntjoro. Analisa Strategi Pemasaran Perusahaan Perunggasan Dalam Meningkatkan Pendapatan. Studi Kasus Strategi Pemasaran Perusahaan Perunggasan PT. Multi Sarana Pakanindo Jakarta. Dengan adanya persaingan yang semakin besar maka perusahaan perlu mengambil kebijaksanaan yang tepat agar dapat bertahan hidup dan berkembang dalam menghadapi persaingan tersebut. Perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk atau jasa merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memposisikan produk dan bauran pemasaran yang akan dijalankan. Sektor peternakan ayam broiler dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan dekade sebelumnya terutama di Jawa Barat mengingat daerah ini sebagai penyangga daerah DKI Jakarta dimana konsumsi daging ayam penduduk DKI Jakarta terus mengalami peningkatan. PT. Multi Sarana Pakanindo (MSP) merupakan perusahaan perunggasan yang bergerak dalam bidang budi daya ayam broiler. Sesuai visi dan misi perusahaan, PT. MSP selalu berusaha menjadi penyedia produk perunggasan dengan kualitas terbaik, terkemuka, dan terhandal di Indonesia. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pemasaran melalui pemilihan cara-cara yang tepat dari bauran pemasaran yang ada akan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan pendapatan perusahaan. Strategi pemasaran dan pengembangan bisnis yang tepat bagi PT. MSP adalah strategi pemimpin pasar dimana dalam stretgi ini perusahaan menerapkan penguasaan pangsa pasar, harga yang lebih kompetitif, jaringan pemasaran yang luas serta dukungan pasokan produk yang sesuai kebutuhan pasar sehingga dari aspek pendapatan, perusahaan mencapai tingkat penjualan tertinggi dibandingkan para pesaingnya. Sedangkan dalam strategi bauran pemasaran PT. MSP telah berhasil mengungguli pesaingnya. Dari segi harga tergolong menerapkan harga tertinggi, produk yang lebih berkualitas dan dukungan jaringan distribusi/sistem kemitraan yang luas sehingga dapat memenangkan persaingan, Strategi promosi belum dilakukan sepenuhnya secara efektif, kecuali penjualan secara diskon kepada pelanggan karena adanya tuntutan pasar. Perusahaan juga menggunakan dan memanfaatkan posisi dalam Strategi Kekuatan Bersaing secara efektif. Sehingga bila dilihat dari segi industri perunggasan khususnya ayam broiler memiliki prospek pertumbuhan yang baik ke depan. Penulis merekomendasikan bahwa perusahaan sebaiknya berhati-hati dalam menerapkan strategi harga dalam bentuk diskon. Selain itu promosi sebaiknya lebih ditingkatkan lagi dengan memfungsikan komunikasi pemasaran yang efektif dalam bentuk public relation yang ditujukan kepada khalayak pelanggan potensial atau pelanggan utama. Hari Kuntjoro. Analyse The Marketing Strategy of Poultry Company to Improving Earnings. Case Study of Marketing Strategy of Poultry Company PT. Multi Sarana Pakanindo, Jakarta. With the existence of ever greater emulation hence company require to take the correct wisdom earning to live on and expand in face of the emulation. Consumer behavior in taking decision to buy a product or service represent the important matter which must be considered in positioning product and marketing hotchpotch to be run. Sector of Poultry broiler these days experience of the improvement which enough signifikan compared to a previous decade especially in West Java reminder this area as buffer of DKI Jakarta area, which consumption of chicken meat of DKI Jakarta resident continuing to experience of the improvement. PT. Multi Sarana Pakanindo (MSP) represent the peripatetic poultry company in the field of broiler raising. According to vision and company mission, PT. MSP always try to become the serve of poultry product with the best quality, notable, and relied on in Indonesia. From inferential research result that with the applying of marketing strategy through the correct election marketing mix will be able to give the contribution which are positive to make-up of company earnings. Marketing Strategy and the correct business development to PT. MSP is market leader strategy where in this strategy, company apply the domination of market compartment, more price of competitive, wide of marketing network and also appropriate support supply product of market requirement so that from earnings aspect, company reach the highest sale storey level compared to competitors. While in strategy of hotchpotch of marketing PT. MSP have succeeded to excel its competitor. In case, MSP to apply the ceiling price, more product with quality and support of distribution network of partnership system so that can win the emulation, Promotion strategy not yet been conducted fully effectively, except sale discount to customer caused by market demand. Company also use and exploit the position in Strength Strategy Compete effectively. So, if seen from industrial facet poultry especially chicken have the good growth prospect forwards. We recommended that company better take a care in applying price strategy in the form of discounted. Besides promotion better more improved again by functioned the effective marketing communications in the form of public relation addressed to potential all customer/client.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-051
NIM/NIDN Creators: 55105120109
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:06
Last Modified: 18 Jul 2022 07:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62861

Actions (login required)

View Item View Item