BRAND POSITIONING DAN CUSTOMER LOYALTY PNEUMATIK MEREK SMC (STUDI PADA PT. SINAR MUTIARA CEMERLANG)

SUBRATA, FERRY (2007) BRAND POSITIONING DAN CUSTOMER LOYALTY PNEUMATIK MEREK SMC (STUDI PADA PT. SINAR MUTIARA CEMERLANG). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (Bab 1 - 6)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

The purpose of this study was to identify brand positioning using perceptual map by attributes and customer loyalty of pneumatic product brand SMC. A survey was conducted in August – September 2007, in which 30 respondents were questioned on customer profile, preference and loyalty. The respondents that involved on each city in Jakarta, Bekasi, Cibitung, Cikarang and Karawang used quota sampling method. Multidimension scaling and cross tabulation analysis were used to analyze the data. The results of multidimension scaling formed a perceptual mapping that showed SMC and FESTO were located in the same quadrant, indicating that these two pneumatics brands were perceived to be similar by respondents. SMC was also associated with the attribute of more product variants and good after sales services. The results of cross tabulation analysis formed the apostle model that showed SMC customer loyalty are 53% loyalist type, 30% hostages type, 13.33% mercenaries type and 3.34% defectors type. The results of the study suggested for marketing implications that PT. Sinar Mutiara Cemerlang should make market penetration strategies by boosting its more product variants and good after sales services to the customers. PT. Sinar Mutiara Cemerlang also had to maintenance its customers as well as possible to be converted into a loyalist type of customer. Tujuan dari penulisan karya akhir ini adalah untuk menentukan brand positioning dengan menggunakan perceptual map menurut atribut- atribut serta customer loyalty dari produk pneumatik merek SMC. Survei dilaksanakan pada bulan Agustus – Septermber 2007, dengan 30 perusahaan responden yang akan didapat profil pelanggan, persepsi dan kesetiaan pelanggan. Responden yang terlibat dalam karya akhir ini masing-masing ada di wilayah kota Jakarta, Bekasi, Cibitung, Cikarang dan Karawang dengan menggunakan metode sampling kuota. Analisis Multidimension scaling dan tabulasi silang diggunakan untuk menganalisis data. Hasil dari analisis multidimension scaling membentuk perceptual map yang menggambarkan bahwa SMC dan FESTO mempunyai lokasi pada kuadran yang sama, mengindikasikan bahwa kedua merek pneumatik ini dipersepsikan sama oleh para responden. SMC juga diasosiasikan dengan atribut variasi produk yang luas, dan layanan purna jual yang baik. Hasil dari analisis tabulasi silang membentuk model Apostle yang menggambarkan customer loyalty dari pelanggan SMC sebagai berikut; tipe loyalist 53%, tipe hostages 30%, tipe mercenarie 13,33%, dan tipe defectors 3,34%. Hasil dari karya akhir ini memberika saran pada implikasi pemasaran pada PT. Sinar Mutiara Cemerlang untuk membuat strategi penetrasi pasar dengan semakin meningkatkan banyaknya variasi produk dan baiknya layanan purna jual kepada pelanggannya. PT. Sinar Mutiara Cemerlang juga harus menjaga seluruh pelanggannya sebaik mungkin dengan merubah pada tipe loyalist.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-014
NIM/NIDN Creators: 55105120113
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:53
Last Modified: 18 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62856

Actions (login required)

View Item View Item