STRATEGI KONTEN PROMOSI UMKM MAKANAN RINGAN KHAS BETAWI MUHIBAH PADA MEDIA SOSIAL

ALIFIA, MARSHA (2022) STRATEGI KONTEN PROMOSI UMKM MAKANAN RINGAN KHAS BETAWI MUHIBAH PADA MEDIA SOSIAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Promosi pada suatu bisnis merupakan hal yang penting. Seperti pada promosi di media sosial Instagram yang mana kegiatan promosi tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal atau dapat dikatakan murah. Hanya dengan membuat konten yang kreatif lalu upload di akun media sosial, dengan begitu sesuatu yang ingin dipromosikan akan tersebar luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi salah satu pelaku UMKM Bir pletok Muhibah agar tidak kalah saing dalam segi strategi promosi dengan pelaku usaha lainnya. Dengan menggunakan teori yang dikemukakan Kotler et al (2017) mengenai strategi perencanaan Content Marketing yang terdiri dari menyusun tujuan, pemetaan audiens, perancangan dan ideasi konten, pembuatan konten, distribusi konten, amplifikasi konten, evaluasi konten, dan pengembangan konten ini dapat membantu untuk meningkatkan promosi suatu usaha dangan membuat konten kreatif yang menarik. Memanfaat kan media sosial saja tidak cukup jika kita tidak tahu strategi yang tepat untuk usaha yang ingin kita kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM makanan ringan khas Betawi Muhibah yang dimana perancang merencanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan untuk peningkatan pengetahuan terkait digital dan strategi perancangan konten. Hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah UMKM Bir pletok Muhibah telah memiliki desain kemasan yang menarik serta memiliki akun media sosial instagram dengan 153 followers dan 22 postingan konten yang memiliki konsep variatif. Kata kunci : Pendampingan dan pelatihan, Strategi konten, Media sosial, Promosi, Instagram Promotion of a business is very important. As in promotions on Instagram social media where promotional activities do not need to be expensive or can be said to be cheap. Only by creating creative content and then uploading it on social media accounts, then something you want to promote will be widely spread. This study aims to assist one of the MSME actors, Bir Pletok Muhibah so that they are not less competitive in terms of promotional strategies with other business actors. By using the theory put forward by Kotler et al (2017) regarding the Content Marketing planning strategy which consists of setting goals, audience mapping, content design and ideation, content creation, content distribution, content amplification, content evaluation, and content development this can help to improve promotion of a business by creating interesting creative content. Just using social media is not enough if we don't know the right strategy for the business we want to develop. This study uses a mentoring method for MSME typical of Betawi Muhibah snacks where the designer plans training and guidance activities to increase knowledge related to digital and content design strategies. The result of this mentoring activity is that the MSME Bir Pletok Muhibah has an attractive packaging design and has an Instagram social media account with 153 followers and 22 content posts that have varied concepts. Keywords: Mentoring and training, Content strategy, Social media, Promotion, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44517010041
Uncontrolled Keywords: Mentoring and training, Content strategy, Social media, Promotion, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:34
Last Modified: 07 Jun 2022 03:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62752

Actions (login required)

View Item View Item