PENGARUH PELATIHAN DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Kasus pada Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat )

MULYANI, SRI (2006) PENGARUH PELATIHAN DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Kasus pada Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat ). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta - Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER _ PENGESAHAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
03 Kata Pengantar_Mulyani.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN DANSURAT PERNYATAAN)
04 Pengesahan_Pernyataan.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab_I_Mulyani_Mercu.pdf

Download (43kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab_II_Mulyani_Mercu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab_III_Mulyani_Mercu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab_IV_Mulyani_Mercu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab_V_Mulyani_Mercu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
Daftar_Pustaka_Mulyani_Mercu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Manusia adalah sumber daya yang berharga dalam perusahaan, sebab melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia ini, perusahaan dapat mencapai tujuannya. Pimpinan perusahaan adalah orang yang paling bertanggungjawab dalam pengembangan pelayanan bawahannya. Namun demikian dalam kenyataan banyak dijumpai para pimpinan yang belum dapat berbuat seperti yang diharapkan, kurang membina dan mengarahkan bawahan yang berprestasi, bahkan tidak berani memberikan pelatihan pada bawahan. Maksud diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisa secara ilmiah pengaruh pelatihan dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan di Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.Yang menjadi populasi penelitian adalah para pegawai Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat. Metodologi penelitian yang digunakan untuk meneliti 445 populasi dengan sample sebanyak 92 responden, adalah metode Stratified Random Sampling. Untuk menghimpun data primer digunakan instrumen berupa kuesioner. Pernyataan-pernyataan dalam kuesioner diukur menggunakan skala likert 5 point. Skor tertinggi 5 menunjukkan bahwa responden sangat setuju terhadap butir pernyataan, skor terendah 1 menunjukkan bahwa responden sangat tidak setuju terhadap butir pernyataan, dengan gradien dari paling tinggi ke paling rendah. Adapun Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana dan Berganda, Koefisien Korelasi Sederhana dan berganda, Koefisien Determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisa data mengenai pengaruh pelatihan terhadap kinerja diperoleh koefisien korelasi (ryx) = 0,637. Hasil uji t menunjukan thitung (7,845)> ttabel (1,645), hal ini menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, nilai korelasi sebesar 0,637 mencerminkan hubungan yang kuat antara pelatihan dan kinerja karyawan dan menunjukan orientasi positif. Analisa mengenai pengaruh promosi jabatan terhadap kinerja karyawan menghasilkan koefisien korelasi sebesar (ryx2) = 0,550, hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (6,243 > ttabel (1,645), hal ini menunjukan bahwa promosi jabatan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, nilai korelasi sebesar 0,550 mencerminkan hubungan yang sedang antara promosi jabatan dan kinerja karyawan dan menunjukan orientasi positif. Sedangkan koefisien korelasi antara variabel pelatihan dan variabel promosi jabatan secara bersama-sama dengan variabel kinerja jabatan sebesar (ryx1x.2) = 0,663. Hasil analisa data menunjukkan bahwa Fhitung (34,824) > Ftabel (3,15), hal ini menunjukan bahwa pelatihan dan promosi jabatan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Dapat disimpulkah bahwa pelatihan dan promosi jabatan berpengaruh terhadap kinerja karyawan sehingga dengan adanya pelatihan yang teratur dan terencana serta adanya promosi jabatan yang jelas dan transparan akan meningkatkan kinerja karyawan di Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-088
NIM/NIDN Creators: 1310312089
Uncontrolled Keywords: msdm, manajemen sumber daya manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 30 May 2022 03:44
Last Modified: 20 Jul 2022 07:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62153

Actions (login required)

View Item View Item