MULYA, MELLISA PRIMADANA (2017) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN TOLE ISKANDAR - JALAN KEMAKMURAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (57kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
Abstract
Depok termasuk kategori kota dengan karakteristik perkotaan dan sistem transportasi modern. Sehubungan dengan hal tersebut, Kota Depok memiliki pola komuter yang cukup tinggi dengan banyaknya jumlah penduduknya. Kendala yang dihadapi pada transportasi di Kota Depok adalah rendahnya tingkat pelayanan jalan menuju Jakarta dan sebaliknya pada jam sibuk dan kurangnya jalan alternatif dari lingkungan perumahan menuju jalan utama atau kolektor. Salah satunya terjadi pada simpang tak bersinyal Jalan Tole Iskandar - Jalan Kemakmuran. Persimpangan ini menjadi persimpangan yang padat pada saat jam-jam sibuk dan menjadi salah satu titik kemacetan di kota Depok. Dengan melihat permasalahan yang terjadi baik di ruas jalan dan simpang tak bersinyal pada Jalan Tole Iskandar - Jalan Kemakmuran, maka penulis mencoba mengidentifikasi lengan pada persimpangan tersebut dan menganalisis kinerja pada ruas dan simpangnya. Dalam menganalisis studi ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 yang akan menentukan kinerja ruas seperti arus, kapasitas, kecepatan dan derajat kejenuhan dan kinerja simpang seperti volume, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. Pengumpulan data didapat dengan melakukan survey terhadap ruas jalan yang menuju simpang dan terhadap simpang tak bersinyal Jalan Tole Iskandar - Jalan Kemakmuran pada jam sibuk di hari kerja dan hari libur. Dari hasil analisis dan pengolahan data, kinerja ruas pada ruas Jalan Tole Iskandar arah Jatijajar didapatkan nilai Derajat Kejenuhan (DS) tertinggi adalah pada pagi hari 0,52 (C), pada ruas Jalan Tole Iskandar arah Depok Lama didapatkan nilai DS tertinggi pada pagi hari 0,57 (C), dan pada simpang didapatkan nilai DS tertinggi pada pagi hari 1,162 (F) dengan peluang antrian 55%-111%. Melalui perhitungan dengan alternatif solusi, pada kondisi di Senin pagi hari didapatkan kenaikan DS pada ruas Jalan Tole Iskandar arah Depok Lama sebesar 0,72 (D) mendekati tidak stabil diakibatkan oleh karena adanya aturan pelarangan belok kanan sedangkan terjadi penurunan DS pada simpang 0,896 (E) dengan peluang antrian 32%-64%. Kata kunci: Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Tundaan dan Peluang Antrian
Actions (login required)
View Item |