OPTIMALISASI KAPASITAS APRON TERMINAL 2 BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA AKIBAT PERPINDAHAN PESAWAT INTERNASIONAL

RAMDHANI, MUHAMMAD (2017) OPTIMALISASI KAPASITAS APRON TERMINAL 2 BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA AKIBAT PERPINDAHAN PESAWAT INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1) Hal Cover.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3) Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
4) Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text (BAB III)
5) Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB IV)
6) Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (BAB V)
7) Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8) Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Transportasi udara mempunyai karakteristik mampu mencapai tujuan dalam waktu cepat, berteknologi tinggi, perlu lebih dikembangkan potensinya dan ditingkatkan peranannya sebagai penghubung daerah-daerah pedalaman yang sulit ditempuh melalui jalur darat. Di samping itu, transportasi udara berfungsi sebagai sarana penghubung antar negara yang paling efisien, sehingga perlu untuk selalu dilakukan penyempurnaan di segala bidang yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan agar menjadi aman, lancar, teratur, dan efisien. Optimalisasi kapasitas apron Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ini dilakukan untuk menambah kapasitas yang terdapat di apron Terminal 2 akibat perpindahan pesawat internasional ke Terminal 3 dengan mengetahui seberapa banyak volume pergerakan pesawat dan seberapa banyak pesawat yang dapat dilayani oleh apron ini dalam jangka waktu tertentu Penelitian ini dilakukan terhadap pola historis data pergerakan pesawat Terminal 2 dari tahun 2012-2016 yang merupakan data sekunder dan diperoleh dari PT. Angkasa Pura II dengan menggunakan metode forecasting time-series sehingga didapatkan jumlah pergerakan yang terjadi pada tahun rencana. Hasil forecasting kemudian dilakukan perhitungan pergerakan pesawat pada jam puncak menggunakan metode Pignataro. Pergerakan pesawat pada jam puncak tahun 2021 didapatkan berdasarkan karakteristik pesawat di apron terminal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2021, kapasitas apron Terminal2 masih dapat menampung pergerakan pesawat pada jam puncak (volume capacity ratio kurang dari 1). Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2021 volume pergerakan pesawat diperkirakan sebesar 49 pergerakan. Kata Kunci: Transportasi, Bandar Udara, Forecasting, Apron, Optimalisasi, Pignataro

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 132
NIM/NIDN Creators: 41115120040
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Bandar Udara, Forecasting, Apron, Optimalisasi, Pignataro
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas > 536.6 Calorimetry, Heat Capacity/Kalorimetri, Kapasitas Kalor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 May 2022 06:06
Last Modified: 01 Apr 2024 07:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61876

Actions (login required)

View Item View Item