RAMDHANI, MUHAMMAD (2017) OPTIMALISASI KAPASITAS APRON TERMINAL 2 BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA AKIBAT PERPINDAHAN PESAWAT INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1) Hal Cover.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3) Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (BAB II)
4) Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text (BAB III)
5) Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
Text (BAB IV)
6) Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text (BAB V)
7) Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8) Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Transportasi udara mempunyai karakteristik mampu mencapai tujuan dalam waktu cepat, berteknologi tinggi, perlu lebih dikembangkan potensinya dan ditingkatkan peranannya sebagai penghubung daerah-daerah pedalaman yang sulit ditempuh melalui jalur darat. Di samping itu, transportasi udara berfungsi sebagai sarana penghubung antar negara yang paling efisien, sehingga perlu untuk selalu dilakukan penyempurnaan di segala bidang yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan agar menjadi aman, lancar, teratur, dan efisien. Optimalisasi kapasitas apron Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ini dilakukan untuk menambah kapasitas yang terdapat di apron Terminal 2 akibat perpindahan pesawat internasional ke Terminal 3 dengan mengetahui seberapa banyak volume pergerakan pesawat dan seberapa banyak pesawat yang dapat dilayani oleh apron ini dalam jangka waktu tertentu Penelitian ini dilakukan terhadap pola historis data pergerakan pesawat Terminal 2 dari tahun 2012-2016 yang merupakan data sekunder dan diperoleh dari PT. Angkasa Pura II dengan menggunakan metode forecasting time-series sehingga didapatkan jumlah pergerakan yang terjadi pada tahun rencana. Hasil forecasting kemudian dilakukan perhitungan pergerakan pesawat pada jam puncak menggunakan metode Pignataro. Pergerakan pesawat pada jam puncak tahun 2021 didapatkan berdasarkan karakteristik pesawat di apron terminal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2021, kapasitas apron Terminal2 masih dapat menampung pergerakan pesawat pada jam puncak (volume capacity ratio kurang dari 1). Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2021 volume pergerakan pesawat diperkirakan sebesar 49 pergerakan. Kata Kunci: Transportasi, Bandar Udara, Forecasting, Apron, Optimalisasi, Pignataro
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP. 17 132 |
NIM/NIDN Creators: | 41115120040 |
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Bandar Udara, Forecasting, Apron, Optimalisasi, Pignataro |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas > 536.6 Calorimetry, Heat Capacity/Kalorimetri, Kapasitas Kalor |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 26 May 2022 06:06 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 07:55 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61876 |
Actions (login required)
View Item |