PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PERGERAKAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK JAKARTA (Periode 2000 – 2005)

NURSIA, ANITA (2007) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PERGERAKAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK JAKARTA (Periode 2000 – 2005). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR Pengesahan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR Pernyataan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN thesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT_HIDUP_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh tingkat suku bungan deposito dan nilai tukar rupiah terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang sulit untuk diramalkan demi kepentingan investasi. Berbagai cara yang lazim dilakukan untuk memprediksi IHSG dalam rangka menghasilkan keputusan investasi yang tepat adalah menggunakan pendekatan fundamental dan teknikal. Faktor-faktor yang mempengaruhi IHSG berdasarkan analisis dapat berasal internal dan eksternal perusahaan. Dalam penelitian ini penulis membatasi ruang lingkup penelitian dengan memilih dua faktor diluar kendali perusahaan yang dapat mempengaruhi IHSG di BEJ yaitu faktor tingkat suku bunga dan nilai tukar rupiah. Tujuan dan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh tingkat suku bunga dan nilai tukar rupiah terhadap IHSG di BEJ. Penelitian ini dilakukan pada Bursa Efek Jakarta untuk mendapatkan data Indeks harga Saham Gabungan (IHSG). Data lain diperoleh dari Bank Indonesia berupa data tingkat suku bunga dan nilai tukar rupiah. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data selama periode Januari 2000 sampai Desember 2005. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu tingkat suku bunga (X1) dan nilai tukar rupiah (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta (Y). Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis korelasi dan regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model regresi lilier yang terbentuk masih belum terbebas dari asumsi klasik statistik yaitu autokorelasi. Model kemudian diperbaiki dengan melakukan transformasi data menjadi log namun hasil analisa menunjukkan model yang terbentuk masih terdapat gejala autokorelasi. Dengan pertimbangan bahwa pengaruh variabel dependen Dengan asumsi bahwa pengaruh variabel indipenden terhadap variabel dependen memerlukan waktu tertentu, maka dimasukkan variabel lag (selang waktu) yaitu IHSG periode sebelumnya (IHSG(t-1)) sehingga diperoleh persamaan sebagai berikut: IHSG = -5,5049 - 4,5507 BUNGA + 0,0084KURS + 0,9731 IHSG(t-1) Persamaan tersebut memiliki koefisien determinasi (R2 ) paling tinggi dibandingkan model-model sebelumnya yaitu sebesar 0,971. Hal ini berarti pengaruh pergerakan IHSG sebesar 97,1% dipengaruhi oleh tingkat bunga, kurs rupiah dan IHSG periode sebelumnya dan hanya 2,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Signifikannya koefisien variabel lag juga menunjukkan bahwa berubahnya variabel independen yaitu tingkat bunga dan nilai kurs Rupiah tidak selalu memberikan efek yang seketika terhadap variabel dependennya yaitu IHSG.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-107
NIM/NIDN Creators: 1310311045
Uncontrolled Keywords: mku, manajemen keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 25 May 2022 04:10
Last Modified: 21 Jul 2022 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61805

Actions (login required)

View Item View Item