ISSUDIRMAN, RUDY (2008) PERENCANAAN BISNIS PENCUCIAN MOBIL (CORE SERVICE) DENGAN LAYANAN TAMBAHAN CAFÉ DAN REFLEKSI (ADDED SERVICE) DI BSD CITY: TINJAUAN ASPEK KEUANGAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text (Thesis)
Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
Abstract
Every kind of businesses need a plan for a new and grow-up business, for a business which is need a significant development in a short term. The goal of designing this Snow Soapy Washing Car business plan are : To find out if this kind of business is feasible or not There is some basics aspect that we can use to analyze a business. We can split those aspect into 7 (seven) different aspect, that are: Market, , Technology, Social, Legal, Management and Finance. From this Washing Car business plan, we can analyze and find some result, that are: 1) There is still a large market share for this kind of business, and it’s enough if we decide to open this business. 2) We need Rp.382.077.500 for Total Investment Cost. 3) Pay Back Period Calculated for this Business Plan as 3 years and 2 months. 4) Benefit cost ratio calculated for this business is 1.6, which is mean this business is proper to be run. 5) Break Event Point (BEP) calculated will be reached at Rp. 161.984.400 p.a, or equivalent to 5.395 washed car/customers. 6) Net Present Value (NPV) is Rp. 121.021.407 which is meant positive and feasible to do this business. 7) Profitability Index (PI) is 1.317 or> 1, which is meant acceptable. 8) Internal Rate of Return (IRR) of this business higher than Cost of Capital or Rp. 47.840.840 then feasible. Setiap usaha membutuhkan rencana usaha terutama bagi usaha baru atau usaha yang sedang berjalan mengharapkan perubahan positif dalam waktu dekat. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kelayakan usaha dari usaha cuci mobil Adapun dasar pertimbangan yang diperlukan dalam menganalisa usaha ini terdiri dari 7 aspek yang akan dianalisis antara lain; 1) aspek pasar 2) aspek pemasaran 3) aspek teknik dan teknologi 4) aspek sosial 5) aspek yuridis 6) aspek manajemen serta 7) aspek keuangan. Kesimpulan dari analisis perencanaan usaha cuci mobil, yaitu: 1. Masih terdapat pasar yang luas untuk membuka usaha cuci mobil 2. Nilai investasi dalam usaha ini adalah Rp. 382.077.500 3. Payback Period dari usaha ini memerlukan waktu 3 tahun dan bulan 4. Benefit Cost Ratio atau rasio manfaat terhadap biaya adalah 1,6 artinya usaha ini layak untuk dijalankan, karena >1. 5. Break Even Point usaha ini akan didapat pada saat perusahaan memperoleh pendapatan sebesar Rp. 161.984.400 per tahun atau minimal penjualan/jumlah pelanggan yang mencucikan mobilnya sebanyak 5.395 mobil per tahun dengan asumsi margin per mobil Rp. 30.000,- 6. Net Present Value (NPV) usaha ini sebesar Rp. 121.021.407 dimana berarti positif dan layak untuk dijalankan. 7. Profitability Index (PI) sebesar 1.317 atau > 1, dimana berarti dapat diterima. 8. Internal Rate of Return (IRR) dari usaha ini lebih besar dari Cost of Capital atau Rp. 47.840.840, jadi dapat/layak diterima.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-08-002 |
NIM/NIDN Creators: | 5510412-043 |
Uncontrolled Keywords: | rencana usaha, MPS, Manajemen Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | ORYZA LUVITA |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:21 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:41 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61607 |
Actions (login required)
View Item |