PENGARUH PERSEPSI ATAS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA RESTAURAN PAPA RON’S PIZZA BINTARO)

HERIJANTO, HERIJANTO (2008) PENGARUH PERSEPSI ATAS KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA RESTAURAN PAPA RON’S PIZZA BINTARO). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
Bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

This research has some purposes are investigating correlations between perception of product quality, price, and service quality to customer’s satisfaction of Papa Ron’s Pizza Bintaro Restaurant. Both Simultaneously and partially, How strong correlations are, and which independent variables have strongest correlations to dependent variables. From partial correlations result showed that perception of product quality, price and service quality have positif significant correlation to customer’s satisfaction of Papa Ron’s Pizza Bintaro Restaurant. The partial correlation coefficient that gotten from calculation were is perception of product quality variable = 0.574 or 57.4%, for price variable = 0.222 or 22.2% and for perception of quality service variable = 0.435 or 43.5%. From such a result of partial correlation we can see that perception of product quality variable has stronger correlation than price and service quality in order to influencing customer’s satisfaction of Papa Ron’s Pizza Bintaro Restaurant. While from result of multiple linear regression was showed that multiple correlation coefficient (R) was gotten 0,803 and determinant coefficient (R Square) was gotten 0.645 means that simultaneously both independent variables have strong correlation to customer’s satisfaction of Papa Ron’s Pizza Bintaro Restaurant. Hypothesis partial test result was showed that t calculated for each of product quality variable (t1 = 6,862) and t calculated for price variable (t2 = 2,230) and t calculated for service quality variable (t3 = 4,727). The three of variables have t calculated bigger than t tables. It means the perception of product quality variable, price and service quality partially have strong and positive correlation to customer’s satisfaction of Papa Ron’s Pizza Bintaro Restaurant. Finally, from simultaneously hipothesis through F Anova test was resulted that F calculated was gotten from calculation 58,023. Such a F calculated was still higher than F table, it means that simultaneously the perception of product quality, price, and service quality have strong and positive significant correlations to customer’s satisfaction of Papa Ron’s Pizza Bintaro Restaurant. Generally, from research was got conclusion that alternative hypothesis (Ha) was proved and could be accepted. Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh persepsi kualitas produk, harga, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada restauran Papa Ron’s Pizza Bintaro. Pengaruh yang ingin diuji adalah pengaruh secara terpisah (parsial) dan secara simultan (bersama-sama). Dari hasi analisis korelasi parsial diperoleh hasil bahwa baik persepsi variabel kualitas produk, harga dan kualitas layanan memiliki korelasi yang positif signifikan terhadap kepuasan konsumen di restauran Papa Ron’s Pizza Bintaro. Nilai korelasi yang diperoleh dari hasil perhitungan untuk variabel persepsi kualitas produk diperoleh nilai = 0.574 atau 57,4%, untuk variabel harga diperoleh nilai = 0,222 atau 22,2% dan untuk variabel persepsi kualitas layanan = 0,435 atau 43,5%. Dari hasil uji korelasi parsial tersebut dapat dilihat bahwa variabel persepsi kualitas produk memiliki nilai korelasi yang lebih kuat dibandingkan dengan variabel harga dan variabel persepsi kualitas layanan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen pada restauran Papa Ron’s Pizza Bintaro. Dari hasil analisis linier regresi berganda diperoleh hasil bahwa nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,803 dan nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,645. Pengertian nilai tersebut menunjukkan secara bersama-sama kualitas produk, harga dan kualitas layanan memiliki korelasi yang relatif kuat terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengujian hipotesis secara parsial melalui uji t signifikan diperoleh hasil nilai t hitung yang diperoleh untuk kualitas produk (t1 = 6,862) dan nilai t hitung untuk harga (t2 = 2,230) dan t hitung untuk kualitas layanan (t3 = 4,727).Ketiga variabel tersebut mempunyai nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t table ( 1,6609), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima.Pengertian yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh yang positif signifikan antara kualitas produk,harga dan kualitas layanan secara terpisah dengan kepuasan konsumen di restauran Papa Ron’s Pizza Bintaro. Hasil yang diperoleh untuk uji pembuktian hipotesis secara simultan melalui uji F Anova, dari proses perhitungan diperoleh nilai F hitung sebesar 58,023. Karena F hitung yang diperoleh lebih besar daripada F table (2,73) maka secara bersama-sama variabel persepsi kualitas produk, harga dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada restauran Papa Ron’s Pizza Bintaro. Secara Umum dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat dibuktikan dan diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-007
NIM/NIDN Creators: 5510411-105
Uncontrolled Keywords: persepsi kualitas produk, harga, dan kualitas layanan, kepuasan konsumen, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 23 May 2022 07:37
Last Modified: 15 Jul 2022 03:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61583

Actions (login required)

View Item View Item