FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGGUNA KARTU PRABAYAR 3 (TRI)

HERLAMBANG, HERLAMBANG (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PENGGUNA KARTU PRABAYAR 3 (TRI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (Thesis)
thesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)

Abstract

Industri telekomunikasi merupakan sebuah industri yang besar dan tumbuh sangat dinamis dalam periode 2006-2007 jumlah pelanggan seluler di Indonesia diperkirakan telah menembus 90 juta pelanggan (Kominfo, 2007). HCPTI melihat potensi pasar di Indonesia yang cukup besar dan menguntungkan dimana saat ini data jumlah pelanggan operator di Indonesia menurut Silalahi (2007) mencapai lebih dari 90 juta pelanggan, HCPTI sendiri baru memiliki jumlah pelanggan sebanyak 36,5 juta pelanggan di seluruh dunia jumlah tersebut masih dibawah pemimpin pasar di Indonesia yaitu Telkomsel sebanyak 51 juta pelanggan (Telkominfo, 2008). Munculnya operator-operator baru dan dikeluarkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2006 tentang penurunan tarif antara penyedia layanan baik GSM maupun CDMA (Telkom Info, 2008). memicu persaingan yang semakin ketat yang mengarah pada perang tarif antar operator guna menarik konsumen untuk menggunakan produknya. Untuk mengantisipasi perang tarif yang terjadi HCPTI dengan produk Tri-nya terhitung sejak 14 April 2008 mengeluarkan program tarif baru yaitu tarif murah tanpa tapi (MTT) dan tarif Rp. 60,-/nelpon menggantikan program sebelumnya yakni tarif 3x dan tarif 1⁄2 harga, diikuti pula dengan perbaikan kualitas produk seperti, perluasan jangkauan sinyal, pemberian bonus tambahan dan penambahan fitur-fitur yang menarik. Namun upaya tersebut belum mencapai hasil yang diharapkan dimana sejauh ini dari data distributor Axindo Jakarta Barat rata-rata penjualan kartu perdana Tri menurun yakni dari 4.972 pcs tiap bulannya di tahun 2007 menjadi 1.845 pcs tiap bulannya di tahun 2008. Melihat hal tersebut mendorong penulis untuk mengevaluasi respon produk Tri dimata penggunanya dengan tujuan 1) untuk mengetahui sejauh mana persepsi dan prilaku pengguna kartu prabayar Tri. 2) untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi loyalitas pengguna kartu prabayar tri. 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk menjaring pengguna baru maupun mempertahankan pelanggan kartu prabayar Tri yang sudah ada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan menganalisa data yang diperoleh dari 100 responden didasarkan atas kuota sampling dengan tehnik pengambilan sampel adalah non probabilitas sampling. Responden memberikan penilaian terhadap atribut-atribut kartu prabayar Tri yang yaitu faktor produk meliputi jangkauan sinyal, kualitas suara dan fitur yang ditawarkan, faktor harga meliputi harga kartu perdana/voucher isi ulang, tarif bicara, tarif sms, faktor lokasi produk/distribusi meliputi kemudahaan mendapatkan kartu perdana/voucher isi ulang, banyaknya kantor layanan customer representatif, dan faktor promosi yang meliputi bonus yang didapat dan keunikan iklan. Adapun loyalitas pengguna kartu prabayar Tri diukur dari 7 pernyataan yang mengindikasikan 3 elemen loyalitas yaitu repeat buying, komitmen dan rekomendasi. Selanjutnya analisa korelasi regresi digunakan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi loyalitas pengguna kartu prabayar Tri. Hasil dari analisis deskriptif pada penelitian ini adalah 1) 9 dari 10 atribut kartu prabayar Tri secara dominan dipersepsi baik oleh pengguna kartu prabayar Tri, yaitu ii faktor pertama adalah produk mencakup jangkauan sinyal, dan fitur yang ditawarkan, faktor kedua adalah faktor promosi yang meliputi bonus yang ditawarkan dan keunikan iklan, faktor ketiga adalah harga yang terdiri dari harga kartu perdana dan voucher isi ulang, tarif bicara dan tarif sms, dan faktor keempat adalah faktor lokasi produk yang dipersepsikan baik hanya pada kemudahan mendapatkan produk dan tidak pada ketersediaan kantor layanan customer representatif. 2) Hasil perhitungan nilai F hitung didapat sebesar 56,186 lebih besar dari F tabel 3,44 yang berarti seluruh atribut kartu prabayar Tri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas pengguna kartu prabayar Tri. Dan secara parsial dari Korelasi regresi dan Uji t didapat faktor produk memiliki nilai t hitung terbesar yaitu 5,770 yang berarti faktor produk, meliputi item fitur yang ditawarkan dan jangkauan sinyal dinilai yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pengguna kartu prabayar Tri. 3) Dalam antisipasi persaingan antar operator Tri membuat program-program marketing yang memberikan benefit kepada pengguna kartu prabayar Tri seperti : memberikan fitur program YM-an, memberikan gratis SMS ke sesama Tri, memperkuat serta memperluas jangkauan sinyal, memberikan nilai produk melebihi dari yang dibayarkan oleh pelanggan dan memberikan tarif bicara yang murah dan kompetitif, menggunakan icon figur iklan yang unik seperti anak sekolah dasar, dan slogan ”mau ?” disetiap iklan yang ditampilkan oleh Tri. Telecommunications industry represents a big industry and has grown dynamically in period of 2006-2007 with amount of subscriber of cellular in Indonesia with the estimation of 90 million subscribers (Kominfo, 2007). HCPTI sees big potential market in Indonesia and advantage where as according to Silalahi the number of operator’s subscribers in Indonesia has reach more than 90 million. HCPTI it’s self has only about 36.5 million subscribers in the world and this number still below the leading market in Indonesia which is Telekomsel with 51 million ( Telkominfo, 2008). The emerge of new operator appearance and with the released of Regulation of Minister of Communications and Informatika Number 8 Year 2006 about tariff degradation between the good service of GSM and CDMA ( Telkom Info, 2008) has lead to a tight competition between operation in order to get more consumer with using their product . To anticipate the tariff competition that happened, HCPTI with the Tri’s product since 14 April 2008 has released new program that is call “Tarif tampa tapi” and “Tariff Rp. 60,- /call” replace the previous program namely “Tarif 3x and “Tarif 1⁄2 price” , followed with the restored the quality of product such as expansion of signal coverage, additional bonus gift and addition attractive features. But the new program didn’t reach the expectation amount, where as the distributed data from Axindo West Jakarta has average sale of “First Tri” decreased from 4.972 pcs every month in year 2007 to 1.845 pcs every month in year 2008. Thus this has encourage writer to evaluated the respond the user of product Tri with purpose of : 1) to know how far perception and behavior of consumer of Tri prepaid card 2) to know the dominant factor that influenced the loyal user of Tri product 3) Efforts conducted to short new consumer and also maintain the existed regular subscribers of Tri. The research method was used by descriptive, with analyzing data obtained from 100 responder based on quota sampling with technic of sample taken which is non probabilities sample. Responder give the assessment to attribute of card prepaid Tri which that is product factor cover the signal coverage, quality voice and features which on the market, price factor cover prepaid card price / voucher refill , tariff speak, tariff sms, factor of product location / distribution cover the easier to get the prepaid card / voucher refill, the number of service office the customer representative and promotion factor covering bonus that obtain and unique advertisement. As for loyalties of consumer of prepaid card Tri measured from 7 statement which indication 3 element loyalties which are repeat buying, commitment and recommendation. Here in after correlation analysis of regresi, used to know the dominant factor influenced the loyalitas of consumer of Tri prepaid card. Result from descriptive analysis this research are : 1) 9 from 10 attribute of Tri prepaid card dominantly good perception by consumer of Tri prepaid card that is first factor is product include cover the reach reception, and features which on the market, second factor are promotion factor covering bonus which on the market and unique advertisement, third factor are price consisted by the prepaid card price and voucher refill the, tariff speak and tariff sms, and fourth factor is factor of product location which iv good perception only at amenity get the product and do not at availability of office of service of customer representative 2). Calculation result of F count got 56,186 bigger than F tables of 3,44 meaning entire/all attribute of Tri prepaid card having influence which signifikan to Loyalitas of consumer of Tri prepaid card. And by partial from regression Correlate and Test the t got a product factor own the value t count biggest that is 5,770 meaning product factor, covering item features which on the market and signal coverage assessed most dominant have an effect on to loyalitas of consumer of Tri prepaid card. 3) In emulation anticipation usher the operator Tri making programs marketing giving benefit to consumer of prepaid card Tri like : giving features program the YM-an, giving free of charge short messages to humanity Tri, strengthening and also extend the signal coverage, assigning value product exceed from paid by customer and give the cheap talking tariff and competitive, using unique icon advertisement figure like elementary schoolchild, and slogan " will ? for every advertisement presented by Tri.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-009
NIM/NIDN Creators: 5510411-095
Uncontrolled Keywords: promosi, produk, konsumen, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 23 May 2022 07:04
Last Modified: 15 Jul 2022 03:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61571

Actions (login required)

View Item View Item