USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN BIRO PERJALANAN WISATA DI PROVINSI BANTEN

GUMELAR, ACHMAD SAPTA (2007) USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN BIRO PERJALANAN WISATA DI PROVINSI BANTEN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img]
Preview
Text (KARYA AKHIR)
KARYA AKHIR SAPTA.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penulisan ini adalah merumuskan alternatif strategi bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten yang selanjutnya dilakukan prioritas alternatif strategi tersebut dengan menggunakan metoda Quantitative Sstrategic Planning Matrix atau QSPM. Prioritas alternatif strategi ini dilakukan dengan memperhitungkan berbagai faktor internal maupun eksternal perusahaan. Terdapat tiga tahap dalam perumusan strategi bisnis hingga diperoleh prioritas alternatif strategi ini, yaitu Input Stage, Matching Stage, dan Decision Stage. Data yang diolah merupakan data eksternal perusahaan, yaitu dengan melihat faktor-faktor lingkungan sosial dan lingkungan kerja perusahaan. Selain itu pula diolah data internal perusahaan terutama faktor-faktor yang mempengaruhi produk jasa yang ditawarkan. Pada tahap input, digunakan External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix dan Competitive Matrix (CPM). Dengan menggunakan EFE Matrix dan IFE Matrix akan diperoleh faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi faktor kunci sukses bagi perusahaan dan posisi kompetitif perusahaan dengan menggunakan CPM. Tahap penyesuaian merupakan tahap perumusan alternatif strategi dengan menggunakan Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) Matrix, Internal – External (IE)Matrix, Grand Strategy Matrix dan SWOT Matrix. Alternatif strategi tersebut dikelompokan dan dianalisa pada tahap selanjutnya. Sedangkan pada tahap keputusan digunakan metoda QSPM dalam penyusunan prioritas alternatif strategi yang telah dihasilkan pada tahap sebelumnya. Dari tujuh alternatif strategi yang telah dirumuskan, maka prioritas utama yang perlu dilakukan adalah Strategi Perbaikan Pelayanan, Strategi Pemasaran Intensif, Strategi Pengembangan Intensif dan Strategi Pemeliharaan Pasar. Tujuan utama dari penulisan ini adalah merumuskan alternatif strategi bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten yang selanjutnya dilakukan prioritas alternatif strategi tersebut dengan menggunakan metoda Quantitative Sstrategic Planning Matrix atau QSPM. Prioritas alternatif strategi ini dilakukan dengan memperhitungkan berbagai faktor internal maupun eksternal perusahaan. Terdapat tiga tahap dalam perumusan strategi bisnis hingga diperoleh prioritas alternatif strategi ini, yaitu Input Stage, Matching Stage, dan Decision Stage. Data yang diolah merupakan data eksternal perusahaan, yaitu dengan melihat faktor-faktor lingkungan sosial dan lingkungan kerja perusahaan. Selain itu pula diolah data internal perusahaan terutama faktor-faktor yang mempengaruhi produk jasa yang ditawarkan. Pada tahap input, digunakan External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix dan Competitive Matrix (CPM). Dengan menggunakan EFE Matrix dan IFE Matrix akan diperoleh faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi faktor kunci sukses bagi perusahaan dan posisi kompetitif perusahaan dengan menggunakan CPM. Tahap penyesuaian merupakan tahap perumusan alternatif strategi dengan menggunakan Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) Matrix, Internal – External (IE)Matrix, Grand Strategy Matrix dan SWOT Matrix. Alternatif strategi tersebut dikelompokan dan dianalisa pada tahap selanjutnya. Sedangkan pada tahap keputusan digunakan metoda QSPM dalam penyusunan prioritas alternatif strategi yang telah dihasilkan pada tahap sebelumnya. Dari tujuh alternatif strategi yang telah dirumuskan, maka prioritas utama yang perlu dilakukan adalah Strategi Perbaikan Pelayanan, Strategi Pemasaran Intensif, Strategi Pengembangan Intensif dan Strategi Pemeliharaan Pasar.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 13103 01058
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 23 May 2022 04:52
Last Modified: 23 May 2022 04:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61538

Actions (login required)

View Item View Item