ANALISA MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

IRAWAN, SANDY (2008) ANALISA MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Thesis Full)
THESIS.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)

Abstract

Work capital consist of cash, current securities, account receivables and inventory whose circulation is not longer than one year or one normal operation period of business. Appropriate establishment of work capital will result in maximum profit to the company. This problem of this research deals with actual work capital and the due work capital to get optimal work capital for the company. The collected data and information for the purpose of this research are secondary data. The data are obtained from Pusat Reference PasarModal ( Center of Capital Market Reference ) in Jakarta Stock Exchange in the form of financial statements covering profit and loss statement and account statement. The result of the discussion and analysis reveal that to obtain actual optimum work capital and spent by the company must fulfil the due work capital. Actual work capital is obtained by observing current asset minus current liabilities while the due work capital is obtained by observing the cash circulation period multiplicand by daily expenditure. Modal kerja adalah kas, surat berharga yang mudah diuangkan, piutang dagang dan persediaan yang tingkat perputarannya tidak melebihi satu tahun atau jangka waktu operasi normal perusahaan. Penentuan modal kerja yang tepat akan memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah menentukan modal kerja yang aktual dengan modal kerja yang seharusnya untuk mendapatkan modal kerja yang optimal pada perusahaan. Dalam usaha untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian adalah data sekunder. Data tersebut diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal ( PRPM ) di Bursa Efek Jakarta ( BEJ ) yang berupa laporan keuangan meliputi laporan rugi laba dan laporan neraca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan modal kerja yang optimal modal kerja aktual yang dikeluarkan oleh perusahaan harus dapat memenuhi modal kerja yang seharusnya. Modal kerja aktual diperoleh dengan melihat aktiva lancar dikurangi dengan hutang lancar sedangkan modal kerja seharusnya diperoleh dengan melihat periode perputaran kas dikali dengan pengeluaran perhari.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-024
NIM/NIDN Creators: 1310311-076
Uncontrolled Keywords: MKU, Manajemen keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 23 May 2022 04:41
Last Modified: 15 Jul 2022 04:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61535

Actions (login required)

View Item View Item