PENGARUH PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI (Studi Kasus di Primer Koperasi Karyawan PT. Krakatau Steel)

MAULANA, DIDIN S. (2008) PENGARUH PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI (Studi Kasus di Primer Koperasi Karyawan PT. Krakatau Steel). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

This research was held to understand application of relationship marketing at Primer Koperasi Karyawan PT. Krakatau Steel (Primkokas), and the members evaluation about relationship marketing application. The result of this research can be use as evaluation of relationship marketing application effectiveness as an effort to retain members loyalty in making transaction at Primkokas. Relationship marketing is an effort to develop close relationship between Primkokas and the member as customer which is appropriate with the members importance. The relationship between Primkokas and the member is expected closer through creating two-way communication. Relationship marketing components that should be implemented to retain and improve the members loyalty are products that will build loyalty, employees who are adept at relationship, the appropriate set of customer/members, and measurement to monitor and improve. This research has a descriptive characteristic which is to get a description about relationship marketing application at Primkokas, and verification characteristic which is to examine the influence of relationship marketing application toward the members loyalty in making transaction at Primkokas. Relationship marketing application by Primkokas has influence toward the members loyalty in making transaction at Primkokas. Product offers have agreed with the members daily need, which is ordinarily offered by Primkokas as well as ordered/recommended by the member. The member believes in employees who serve him and able to give a solution the members problem. The member has same wish with Primkokasa and intends to develop Primkokas. The member judges that Primkokas has a willing to accept complaints and makes an action to follow up the complains. Primkokas has to increase the performance quality of relationship marketing components to retain and improve the members loyalty in the future. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan relationship marketing yang dilakukan Primer Koperasi Karyawan PT Krakatau Steel (Primkokas), dan penilaian anggota terhadap pelaksanaan relationship marketing tersebut. Hasil penelitian dapat digunakan untuk menilai efektifitas pelaksanaan relationship marketing sebagai upaya untuk mempertahankan loyalitas anggota dalam bertransaksi di unit usaha Primkokas. Relationship marketing merupakan suatu pengembangan hubungan yang erat antara Primkokas dengan anggota sebagai pelanggan yang disesuaikan dengan kepentingan anggota. Hubungan antar Primkokas dengan anggota diharapkan semakin erat dengan penciptaan komunikasi dua arah sehingga hubungan yang terbina dapat saling menguntungkan. Komponen relationship marketing yang harus dilaksanakan dan ditingkatkan untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas anggota adalah produk yang membentuk loyalitas, karyawan sebagai subject yang berinteraksi langsung dengan anggota, anggota sebagai sebuah kumpulan pelanggan yang tepat, dan pengukuran sebagai monitoring efektivitas. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan relationship marketing di Primkokas, dan verifikatif yaitu untuk menguji ada tidaknya pengaruh pelaksanaan relationship marketing terdapap loyalitas anggota dalam melakukan transaksi di unit usaha Primkokas. Pelaksanaan relationship marketing oleh Primkokas ternyata berpengaruh terhadap loyalitas anggota dalam melakukan transaksi di unit usaha Primkokas. Produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anggota baik yang disediakan Primkokas maupun yang direkomendasikan anggota. Anggota percaya terhadap karyawan yang melayani anggota dan dinilai mampu memberikan solusi atas masalah anggota. Anggota mempunyai kehendak yang sama dengan Primkokas dan berminat mengembangkan Primkokas. Anggota menilai Primkokas menerima keluhan dan menindaklanjutinya. Peningkatan kinerja masing-masing komponen relationship harus terus diupayakan oleh Primkokas sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas anggota dikemudian hari.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-027
NIM/NIDN Creators: 1310301-053
Uncontrolled Keywords: relationship marketing, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 23 May 2022 04:17
Last Modified: 15 Jul 2022 04:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61523

Actions (login required)

View Item View Item