STRATEGI PROMOSI PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN DISTRIBUSI PRODUK ANTIMO

SANTOSO, IMAN BUDI (2008) STRATEGI PROMOSI PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN DISTRIBUSI PRODUK ANTIMO. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.doc.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Bab 1 - 6)
TESIS.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)

Abstract

The trend of high mobility in traveling from one place to another by people during school holiday or religious festival where it’s know as peak season where it will also influence the distribution in large amount beside the opportunity in ordinary time can be used in selling and distribution Antimo product or in pharmacology terms as Dramamine where it mend to be used in long journey by road, sea or air. So the selling of Dramamine increasingly during peak season rather than non peak season. The research being carried out related to the selling promotion are how the promotion strategy needs to be done in increase selling and Antimo product distribution on non peak season will be able to increase above avarage. And what kind of promotion strategy can be carried out to increase selling on non peak season and appropriate promotion program to be used according to that strategy. The research method carried out by study literature such as books, journals, magazines, or any others media related to the research and also field research to be used an activity in gaining direct data and information needed by interviewing directly or indirectly to people who use it and also to get data from the company as primary data and secondary data where it follows to be analyzed. As the conclution of this research that Antimo product as widely known by consumers are kept in tip top condition from time to time by doing selling promotion during peak season and non peak season. The opportunity to increase selling in non peak season still not used optimally for increasing sellig and distributin. Selling promotions strategy carried out by mix promotion, the activity above the line and below the line which done on peak season, mean awhile in ordinary time (non peak season) less market penetration. Promotion strategy need to be accomplished to gain those market opportunity, by doing so it will increase selling and distribution during non peak season. As the recommendation of this research that promotion strategy carried out for expansions of Antimo product need to be done continuously so the consumers will be familiar, to by and consume Antimo every time they will do the trip. The promotion activity above to be continuously on non peak season even thought the promotion frequency isn’t as much as selling promotion during peak season to reach selling volume distribution during non peak season, so sales promotions and trade promotion need to be carried out because in non peak season can be used to increase selling throught promotion program for Antimo product sake. Adanya mobilitas yang tinggi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya oleh masyarakat yang dilakukan pada masa liburan sekolah, atau hari besar keagamaan atau yang disebut sebagai masa peak season yang kontribusi menjualannya cukup besar dan adanya peluang dimasa biasa atau non peak season yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan distrubusi produk Antimo sebagai obat anti mabuk pada saat kita melakukan perjalanan jauh baik melalui darat, laut maupun udara. Obat anti mabuk tersebut akan meningkat penjualannya pada musim musim tertentu (peak season) seperti jelang masa liburan sekolah dan liburan sekolah atau hari besar lainnya dibandingkan dengan hari atau bulan bulan biasa (non peak season). Masalah yang yang diteliti adalah berkenaan dengan promosi penjualan yaitu : Bagaimana strategi promosi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan distribusi produk Antimo pada masa masa biasa (non peak season) untuk tetap bertumbuh. Dan strategi promosi yang bagaimana yang dapat dijalankan untuk meningkatkan penjualan pada saat non peak season dan program promosi yang akan digunakan untuk menjalankan strategi tersebut diatas. Metode penelitian yang dilakukan dengan studi literature seperti buku, journal, majalah atau media lainnya yang ada hubungannya dengan pembahasan penelitian dan juga studi lapangan yang merupakan kegiatan untuk memperoleh langsung data dan informasi yang diperlukan dengan melakukan wawancara baik langsung maupun tidak langsung kepada pihak pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan data data bperusahaan yang berupa data primer dan data sekunder yang kemudian dilakukan analisa. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa : Produk Antimo yang dikenal konsumen agar tetap terjaga dikenal dari waktu ke waktu dengan melakukan promosi penjualan pada masa peak season dan non peak season. Peluang pasar yang masih besar di masa non peak season belum dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan penjualan dan distribusi. Strategi promosi penjualan yang dilakukan dengan bauran promosi, aktivitas above the line dan below the line yang dilakukan pada saat peak season, sementara masa masa biasa (non peak season) kurang gencar dalam melakukan promosi. Diperlukan strategi promosi untuk menangkap peluang pasar yang masih terbuka untuk dapat meraih peningkatan penjualan dan distribusi dengan melakukan promosi penjualandi saat non peak season. Sebagai rekomendasi dari penelitian ini adalah bahwa strategi promosi yang dijalankan untuk mengembangkan produk Antimo agar dilakukan secara berkesinambungan agar masyarakat konsumen terus mengetahui, membeli serta mengingatkan Antimo dalam setiap akan melakukan perjalanan. Kegiatan promosi yang berupa above the line dapat pada saat non peak season untuk terus dilakukan , walupun frekwensi promosinya tidak segencar promosi penjualan pada saat peak season.Untuk mendapatkan volume penjualan dan distribusi yang baik pada saat non peak season, maka sales promotion dan trade promotion agar dapat dilaksanakan, mengingat waktu selama masa non peak season dapat digunakan untuk menambah peningkatan penjualan melalui program promosi guna pertumbuhan produk Antimo.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-075
NIM/NIDN Creators: 55106110030
Uncontrolled Keywords: MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 23 May 2022 03:00
Last Modified: 18 Jul 2022 03:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61488

Actions (login required)

View Item View Item