ANALISA TEKANAN FLUIDA PADA KEGAGALAN POWER STEERING TRUK

NUGROHO, DIDIK ANDY (2017) ANALISA TEKANAN FLUIDA PADA KEGAGALAN POWER STEERING TRUK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
Isi_Cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
Isi_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
Isi_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Power Steering adalah mekanisme pembantu untuk memperingan beban kemudi yang di butuhkan pada saat mobi pada kecepatan rendah, saat parkir atau manuver tertentu dan akan beralih ke kemudi pada manual pada saat kecepatan tinggi. Kuranganya tekanan fluida atau kerusakan pada sistem power steering akan menyebabkan tidak optimalnya kinerja dari sebuah kendaraan terutama kinerja kemudi atau kegagalan pada sistem power steering.Analisa di lakukan pada truk Mitsubisi Fuso M517 yang sedang dalam perbaikan. Pada truk tipe ini sering mengalami kerusakan sistem power steering terutama terjadinya Vapour Lock.Vapour Lock pada sistem power steering adalah merupakan gejala timbulnya gelembung-gelembung udara (uap) di dalam sistem atau saluran-saluran minyak atau fluida di dalam sistem power steering. Akibat dari adanya gelembunggelembung udara pada sistem power steering ini adalah gaya dorong atau gaya tekanan yang dihasilkan tidak maksimal, hal ini dikarenakan uap atau gelembung udara tadi dapat di tekan (di kompres) sehingga tekanan yang diberikan tidak akan sampai ke silinder untuk menggerakan roda.Pada analisa yang di lakukan pada truk Mitsubisi Fuso M517 vapour lock yang dialami pada pipa penyalur fluida dengan perhitungan pengurangan tekanan pada katup dengn debit yang dibutuhkan sebesar 2,228 x 10-5 m3 /s yang mempengaruhi vapour lock apabila luas penampang di perluas. Penggunaan pipa fleksibel pada sistem power steering mempunyai pengaruh pada kecepatn aliran, kecepatan aliran yang biasa terjadi adalah aliran laminer dengan Re<2320. Gaya untuk mengurangi beban kemudi di peroleh dengan tekanan fluida dengan hidrolik sistem yang di bangkitkan oleh pompa yang di gerakan langsung dengan putaran mesin. Pada saat putaran mesin tinggi tekanan fluida yang di bangkitkan pompa akan menjadi naik. Beban kemudi akan menjadi sangat ringan. Ini tidak di kehendaki dan akan diatur oleh relief valve. Kerugian gesekan aliran fluida pada sistem hidrolik akan mengurangi tekanan, sehingga gaya yang dibangkitkan pada mekanisme beban kemudi akan menjadi berkurang. Kerugian aliran akibat aliran yang dicabangkan sebesar 2.23 x 10-6 kg/s. Sedangkan kerugian apabila aliran melaju terus adalah 1,032 x 10-8 kg/s. Kata kunci : Fluida, power steering, Hydraulic system

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN/17 005
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Fluida, power steering, Hydraulic system.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 532 Fluid Mechanics, Liquid Mechanics/Mekanika Fluida, Mekanika Zat Cair > 532.2 Hydrostatics/Hidrostatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2022 02:51
Last Modified: 23 May 2022 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61487

Actions (login required)

View Item View Item