PENGARUH PERSEPSI PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP RETENSI UNTUK TERUS MENABUNG DI BANK MANDIRI (STUDI KASUS DI PT. BANK MANDIRI (PERSERO), Tbk CABANG JAKARTA RATU PLAZA)

CLARESTA, RENA (2008) PENGARUH PERSEPSI PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP RETENSI UNTUK TERUS MENABUNG DI BANK MANDIRI (STUDI KASUS DI PT. BANK MANDIRI (PERSERO), Tbk CABANG JAKARTA RATU PLAZA). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (Lampiran)
CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi nasabah Bank Mandiri atas produk dan layanan Tabungan Mandiri, mengetahui retensi nasabah untuk terus menabung di Bank Mandiri, dan mengetahui pengaruh persepsi nasabah atas produk dan layanan terhadap retensi untuk terus menabung. Keberpengaruhan antar variabel penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisis Diskriminan. Penelitian didesain sebagai penelitian deskriptif dengan mengambil sampel nasabah dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama. Ukuran sampel sebesar 100 nasabah dari populasi sasaran seluruh nasabah Bank Mandiri Cabang Ratu Plaza Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan konsumen memiliki persepsi yang positif atas produk dan layanan Tabungan Mandiri. Demikian pula memiliki retensi yang tinggi untuk terus menabung di Bank Mandiri. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa persepsi konsumen atas produk dan layanan Tabungan Mandiri berpengaruh secara signifikan terhadap retensi konsumen untuk terus menabung di Bank Mandiri. Tingkat kesesuaian model termasuk cukup tinggi dengan koefisien korelasi kanonikal sebesar 0,444. Pengaruh keduanya secara parsial tergolong tinggi , yaitu sebesar 0,951 untuk perespsi atas produk dan 0,884 untuk persepsi atas layanan. Dari perbandingan nilai keduanya, pengaruh persepsi atas produk relatif lebih tinggi daripada persepsi atas layanan. Kesimpuan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa Persepsi konsumen atas produk dan layanan tabungan Mandiri adalah positif. Keinginan konsumen untuk terus menabung di bank Mandiri adalah tinggi. Persepsi konsumen atas produk dan layanan tabungan Mandiri berpengaruh terhadap keinginan untuk terus menabung di Bank Mandiri. Arah pengaruh persepsi adalah positif, artinya semakin positif persepsi konsumen atas produk dan layanan maka semakin tinggi probabilitas keinginannya untuk terus menabung di Bank Mandiri. Sedangkan saran yang perlu diberikan pada penelitian ini adalah memanfaatkan fasilitas yang telah ada seoptimal mungkin, khususnya dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada nasabah. emperluas pasar sasaran Tabungan Mandiri dengan meningkatkan promosi tabungan Mandiri secara berkesinambungan dan penekanan isu promosi pada atribut-atribut unggulan. Mengantisipasi tuntutan nasabah segmen menengah dan atas atas atribut produk tabungan yang berteknologi tinggi seperti perbankan elektronik dan cara pembayaran elektronik (e-payment) melalui kerjasama antar bank yang telah mapan sistem dan teknologinya namun bukan bank pesaing.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-036
NIM/NIDN Creators: 55105110153
Uncontrolled Keywords: produk dan layanan, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 20 May 2022 04:22
Last Modified: 15 Jul 2022 04:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61368

Actions (login required)

View Item View Item