ANALISA HUBUNGAN FAKTOR INOVASI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEKARANG DAN MASA DATANG (Studi Kasus Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Telepon Seluler Nokia di Kota Sukabumi)

JAYA, DENI HIKMAT (2008) ANALISA HUBUNGAN FAKTOR INOVASI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEKARANG DAN MASA DATANG (Studi Kasus Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Telepon Seluler Nokia di Kota Sukabumi). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Thesis Full)
THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris, mengkonfirmasi dan menemukan kejelasan tentang fenomena pengaruh inovasi produk pada produk dengan teknologi yang cepat berubah terhadap keputusan pembelian konsumen sekarang dan keputusan pembelian selanjutnya di masa yang akan dating. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap studi pengembangan ilmu manajemen pemasaran terutama manajemen perilaku konsumen dan manajemen strategik. Bagi perusahaan dan praktisi penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penyusunan rencana strategik dengan meperhitungkan perubahan inovasi dan adaptasi inovasi produk untuk produk teknologi seperti telepon selular. Metode yang digunakan adalah penelitian survey. Jenis/bentuk penelitian adalah deskriptif- konfirmatif. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan alat uji Model Persamaan Struktural (Struktural Equation Model), Analisis Komponen Utama (Principle Component Analysis) dan Analisa Konfirmasi Faktor (Confirmatory Factor Analysis). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa inovasi produk sebagai variabel laten eksogen beserta variabel perantara laten eksogen lainnnya seperti inovasi yang akan datang secara nyata bisa mempengaruhi proses keputusan pembelian. Sementara keputusan pembelian sekarang secara nyata bisa mempengaruhi proses keputusan pembelian selanjutnya di masa yang akan dating. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara langsung inovasi produk dan inovasi yang akan datang dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk oleh konsumen. Keputusan pembelian sekarang dapat mempengaruhi keputusan pembelian selanjutnya. Sementara itu preferensi untuk menunda pembelian tidak secara siginifikan mempengaruhi keputusan pembelian Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa perencanaan inovasi produk telepon seluler baik yang sudah ada maupun yang akan datang dapat memberikan perngaruh yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian di masa yang akan datang. Untuk itu diharapkan pimpinan dan perencana strategik pada pabrikan telepon seluler perlu mengamati perubahan daya adopsi teknologi dari konsumen dan perilaku konsumen secara lebih komprehensif agar bisa terus bersaing.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-025
NIM/NIDN Creators: 1310301-078
Uncontrolled Keywords: inovasi, keputusan pembelian, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 20 May 2022 03:00
Last Modified: 15 Jul 2022 04:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61350

Actions (login required)

View Item View Item