ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA LABORATORIUM DI RS KRAKATAU MEDIKA

FARILARASATI, PONTI (2009) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA LABORATORIUM DI RS KRAKATAU MEDIKA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (Bab 1,2,3 dan 6)
Bab 1,2,3,dan 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (Bab 4)
15-bab 4.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (Bab 5)
16-bab 5.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Di tengah persaingan Pelayanan terbaik Rumah Sakit yang sangat kompetitif, terutama meningkatnya kebutuhan tenaga Rumah Sakit yang profesional dan meningkatkan daya saing Rumah Sakit di masa mendatang menjadi hal terpenting, di mana kualitas pelayanan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan bagi kelangsungan hidup Rumah Sakit Itu sendiri. Peningkatan kualitas pelayanan salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran kepuasan pelanggan. RS Krakatau Medika disamping menjalankan bisnis Pelayanan Poli umum, bedah, Spesialis, dll sebagai bisnis utama, juga memiliki bisnis pendukung lain yaitu pelayanan Jasa Laboratorium. Hal ini mempunyai nilai tambah bagi perusahaan dilihat dari personel yang memiliki skill profesional dibidang Laboratorium. Selama ini kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh RS Krakatau Medika hanya pada bisnis utamanya saja yaitu Pelayanan poli umum dan poli spesialis belum menyentuh pada unit Laboratorium. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tersebut dilakukan analisa kesenjangan. Analisa ini terkait dengan Variabel kualitas pelayanan apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan, Sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, Strategi apa yang diambil dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan RS Krakatau Medika( Umum dan KS Group). Kajian ini didasarkan pada metode Servqual di mana variabel-variabel tingkat kepuasan ditentukan terlebih dahulu dan diturunkan menjadi atribut-atribut yang lebih terperinci. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan RS Krakatau Medika baik, akan tetapi masih ada yang perlu diperbaiki. Nilai Indeks kepuasan pelanggan bervariasi selama tahun 2009 berkisar 81% sampai 83%, ini berarti kualitas pelayanan yang diberikan oleh RS Krakatau Medika baik dan ekspektasi dari pelanggan cukup tinggi, yaitu Ketepatan memberikan hasil pemeriksaan, Petugas lab memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti, Ketrampilan petugas dalam mengambil sampel darah, Memiliki peralatan pemeriksaan lab yang lengkap dan canggih,Kerapihan dan kebersihan, penampilan petugas laboratorim.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-073
NIM/NIDN Creators: 1310402-011
Uncontrolled Keywords: kepuasan pelanggan, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 17 May 2022 02:39
Last Modified: 13 Jul 2022 06:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61148

Actions (login required)

View Item View Item