EVALUASI STRATEGI BISNIS ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PREMI PADA PT.XYZ

PURBA, HERIANTO (2009) EVALUASI STRATEGI BISNIS ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PREMI PADA PT.XYZ. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
Bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Persaingan Perusahaan Asuransi Kerugian di Indonesia yang sangat ketat, dimana saat ini berjumlah 92 perusahaan, baik perusahaan lokal maupun luar yang memasarkan polis asuransi kendaraan bermotor menjadikan peluang yang ada semakin kompetitif. Penulis kemudian memilih PT. XYZ sebagai objek penelitian ingin mengetahui dan kemudian mengevaluasi strategi yang sudah di implementasikan oleh perusahaan tersebut. Mulai dari melihat indikasi perekonomian tahun 2007 yang tumbuh 6,3% dan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan pendapatan premi bruto pada tahun 2007 Menjadi Rp. 2.257,52M terjadi peningkatan sebesar 22,18% dibanding tahun 2006. Namun kondisi baik perekonomian secara nasional dan tumbuhnya pendapatan premi bruto di PT. XYZ bertolak belakang dengan terjadinya penurunan pendapatan premi bruto di unit Bisnis Asuransi Kendaraan Bermotor turun 28,48% menjadi Rp. 319,71 M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder untuk mempertajam analisis strategi yang digunakan analisis SWOT. Analisis SWOT untuk membandingkan Strength, Weakness, Opportunity and Threats yang dapat diidentifikasi dari proses analisis eksternal dan internal. Secara keseluruhan kondisi lingkungan internal dan external dari PT XYZ cukup baik terbukti dari nilai bobot rating 3,1 untuk internal dan 2,5 untuk external dari total nilai 4 . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kondisi internal dan external perusahaan sudah cukup baik. Kondisi internal yang perlu diperbaiki adalah tingkat promosi yang harus ditambah, berturut-turut yang perlu mendapat perhatian adalah sentralisasi sistem, dengan semakin sederhananya setralisasi sistem akan membuat sistem pengurusan baik klaim maupun perpanjang bisa lebih cepat. Untuk kondisi external memang pihak perusahaan tidak dapat berbuat banyak, namun paling tidak pihak perusahaan dapat mengadakan antisipasinya. Sementara ancaman terbesar dinilai berasal dari persaingan usaha sejenis dimana saat ini dalam era globalisasi perusahaan – perusahaan sejenis yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri dapat dengan mudah melakukan ekspansi besar – besaran, untuk mengantisipasinya maka pihak perusahaan harus memiliki strategi tersendiri untuk merebut pangsa pasar. Competition of general insurance company ini Indonesia is very tigh, there are 92 company, include local and foreing which sold of motor vihicle insurance becomed competitive. I am choosing PT. XYZ as my observation caused by interesting to evaluate the strategy which had implemented by them. Begining of economic situation in 2007 was growth 6,3% and impact to growth of gross premium becomed Rp. 2.257,52M was growth 22,18% compared in 2006. The growth of economic was not affected to Business Unit of Motor Vihicle Insurance that was down to 28,48% becomed 319,71 M. Method in this observation was descriptif using primer data and secunder data to sharp the strategy analize with SWOT analize. SWOT analize to comparing of Strength, Weakness, Opportunity and Threats which can identify from inernal and external analize process. Overall of PT. XYZ internal and internal condition was very good, it was proved from value of rating 3,1% for internal and 2,5 to external of 4 score. I just said that the internal and external needed to improvement with promotion and changing sentralitation system to decentralisation would be processed simply by program and better. External condition the company is always impacting of economic global condition. The bigger threats was coming from other insurance company that was made the market competitive.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-077
NIM/NIDN Creators: 55105110106
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 12 May 2022 08:05
Last Modified: 13 Jul 2022 06:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61093

Actions (login required)

View Item View Item