METODE DELAPAN LANGKAH PERBAIKAN MUTU DALAM MENURUNKAN REJECTION DI DEPARTEMEN DYEHOUSE PT STRETCHLINE

FS, FIRMANSYAH (2010) METODE DELAPAN LANGKAH PERBAIKAN MUTU DALAM MENURUNKAN REJECTION DI DEPARTEMEN DYEHOUSE PT STRETCHLINE. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover - Daftar Riwayat Hidup)
5510611032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

Total Quality Manajemen (TQM) di perusahaan mempunyai manfaat yang besar dimana dapat menghindari kesalahan sekecil-kecilnya yang terjadi serta dapat memberikan kepuasan bagi customer dalam menggunakan hasil produksi. Di PT Stretchline rejection yang terjadi terlalu tinggi ada di Departemen Dyehouse, hal ini dapat meningkatkan reproses dan efisiensi akan rendah, diharapkan dengan menggunakan TQM dapat dilakukan perbaikan. Penerapan TQM di perusahaan industri sangat membantu sekali, penerapan yang akan dilakukan dengan delapan langkah perbaikan mutu yang menggunakan seven tools dan new seven tools of quality akan menjadi perbaikan yang berkesinambungan. Pada pelaksanaannya harus didukung oleh semua elemen mulai dari operator sampai top manajemen sehingga dapat dilakukan dengan cepat, rejection yang terjadi akan dilakukan perbaikan dengan penerapan delapan langkah perbaikan mutu Penyebab terjadinya reject di Departemen Dyehouse yang terbesar adalah shade variation pada akhir bulan Maret 2009 dibandingkan dengan akhir bulan Mei 2009 setelah dilakukan standarisasi reject shade variation turun hingga 70%. Penyebab dominan reject dari shade variation adalah setting mesin tidak standar, sering ganti lot benang atau supplier dan pemilihan resep dyeing yang kurang tepat. Dari hasil yang didapat dapat digunakan sebagai acuan untuk perbaikan berkesinambungan dengan menerapkan delapan langkah perbaikan mutu, dimana program ini tidak sulit untuk diterapkan hanya butuh dukungan dari seluruh karyawan yang ada dalam pelaksanaannya, manajemen juga dapat memberi dukungan dalam pelaksanaan program ini dalam hal moril dan materil, bagaimanapun program ini tidak luput dari biaya-biaya pelaksanaan di produksi nantinya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-10-099
NIM/NIDN Creators: 55106110032
Uncontrolled Keywords: MPO, Manajemen oprasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: UMMI RAHMATUSSYIFA
Date Deposited: 11 May 2022 07:22
Last Modified: 14 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61008

Actions (login required)

View Item View Item