JEMA, ANNISA (2019) PENERAPAN GAMIFIKASI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING PESERTA DIDIK DI SMA 1 BARUNAWATI JAKARTA BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (844kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (852kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (845kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB VI)
15. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Bimbingan konseling merupakan proses bantuan untuk peserta didik baik individu/ kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karier, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku. Di SMA 1 BARUNAWATI, proses Bimbingan Konseling terdapat beberapa kendala dalam menjalankan tugasnya antara lain BK hanya dapat mengatasi masalah yang ada hanya saat jam sekolah sehingga ketika ada siswa yang enggan melakukan konseling karena malu tidak bisa dijangkau guru BK atau saat siswa memiliki masalah saat diluar sekolah BK tidak bisa ikut mencari solusi secara langsung. Selain itu, tugas BK di SMA juga sebagai pemberi arahan tentang karir yang dapat membantu siswa memilih jenjang pendidikan selanjutnya setelah menempuh sekolah di SMA. Untuk mengatasi permasalahan yang ada maka penelitian ini dilakukan untuk membangun suatu sisem informasi bimbingan konseling yang dirancang mengunakan konsep gamifikasi. Gamifikasi merupakan proses menggunakan mekanisme/aturan dalam game pada aktivitas non game dengan tujuan meningkatkan interaktivitas pengguna. Konsep gamifikasi digunakan untuk merancang sistem agar siswa merasa senang dan termotivasi dalam melakukan konsultasi kepada guru BK jika memiliki masalah yang berpotensi menghambat mereka meraih prestasi, serta siswa tidak bosan saat menggunakannya sehingga dapat menambah semangat siswa dalam meraih prestasi dan mengenal jati diri mereka. Kata Kunci: aplikasi, bimbingan dan konseling, gamifikasi
Actions (login required)
View Item |