PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN SHOPEE VERSI ‘SHOPEE X-STRAY KIDS’ DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI ONLINE KONSUMEN (survei VisCAP model di Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta Pusat)

CHRISTIANTY, JULIANA BELLA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN SHOPEE VERSI ‘SHOPEE X-STRAY KIDS’ DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI ONLINE KONSUMEN (survei VisCAP model di Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta Pusat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
01 Cover - Juliana Bella.pdf

Download (339kB)
[img] Text (Abstrak)
02 Abstract - Juliana Bella.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1)
03 Bab 1 - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (Bab 2)
04 Bab 2 - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (Bab 3)
05 Bab 3 - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (Bab 4)
06 Bab 4 - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (Bab 5)
07 Bab 5 - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (Lampiran)
09 Lampiran - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (Pernyataan)
Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir - Juliana Bella.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Shopee sebagai perusahaan e-commerce yang saat ini sedang menjadi trend ditengah masyarakat menggunakan media televisi untuk beriklan dan menayangkan acara (event) perusahaannya untuk menumbuhkan minat beli konsumennya. Salah satu cara yang digunakan Shopee adalah dengan penggunaan artis Korea sebagai Celebrity Endorser dalam iklan mereka. Menggunakan model penelitian VisCap; visibility (kepopuleran), credibility (kredibilitas), attractiveness (daya tarik), dan power (kekuatan), penulis bertujuan mengukur pengaruh dari penggunaan celebrity endorser terhadap minat beli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori iklan Kotler & Keller, bahwa, hal yang bisa dipelajari dari iklan adalah pengulangan, penguatan efektivitas, dan impersonalitas. Tahapan munculnya minat beli dalam hierarchy effect model AIDA adalah, tahap kognitif (attention), ketertarikan (interest), hasrat (desire), dan tindakan (action). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan penelitian survey terhadap 89 siswa/i SMK di Jakarta Pusat. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan Stray Kids sebagai celebrity endorser dalam iklan Shopee versi ‘Shopee x Stray Kids’ terhadap minat beli konsumen. Hasi uji korelasi menunjukkan angka 0.883, yang menunjukkan hasil korelasinya termasuk kuat. Serta angka R square sebesat 0.78. Kesimpulan dari peelitian ini adalah penggunaan celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli. Kata kunci: Endorser, Televisi, Minat Beli, Shopee.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44316120075
Uncontrolled Keywords: Endorser, Televisi, Minat Beli, Shopee.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: UMMI RAHMATUSSYIFA
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:34
Last Modified: 20 Apr 2022 03:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60197

Actions (login required)

View Item View Item