PAKPAHAN, LEONARDO (2022) REPRESENTASI KONSUMTIF DALAM BUDAYA SILATURAHMI PADA IKLAN TVC LAZADA RAMADAN SALE 2021 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES S. PEIRCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
Text (Cover)
01 Cover - LEONARDO P.pdf Download (2MB) |
|
Text (Abstrak)
02 Abstrak - LEONARDO P.pdf Download (763kB) |
|
Text (Bab 1)
03 Bab 1 - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 2)
04 Bab 2 - LEONARDO P.pdf Download (6MB) |
|
Text (Bab 3)
05 Bab 3 - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 4)
06 Bab 4 - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
Text (Bab 5)
07 Bab 5 - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan)
Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir - Leonardo P - 44316120049 - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
09 Lampiran - LEONARDO P.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Sebagai sebuah produk yang berbasis teknologi komunikasi, marketplace Lazada menyadari betul pentingnya keberhasilan menciptakan brand image yang dapat mendukung unggulnya bisnis mereka. Lazada harus bersaing dengan platform e-commerce lainnya seperti Tokopedia dan Shopee untuk menciptakan brand image yang membuat masyarakat akhirnya memilih mereka sebagai tempat berbelanja ataupun melakukan transaksi bisnis. Salah satu strategi yang dilakukan menghadapi tantangan tersebut adalah dengan membuat iklan komersil yang menarik dan tepat sasaran. Peneliti menggunakan metode semiotika (pemaknaan) sebagai teknik analisis data pada iklan Lazada Ramadan Sale 2021. Peneliti menganalisa sesuai dengan teori semiotika Charles Sanders Peirce, yaitu segitiga makna atau segitiga semiotic Peirce yang menginterpretasikan ikon, indeks dan simbol yang terdapat dalam tayangan iklan ini. Peneliti melihat adanya pergeseran makna silaturahmi dalam iklan TVC Lazada Ramadan Sale 2021 dengan fenomena dan kondisi yang ada dalam masyarakat Indonesia saat ini, khususnya pada saat momen Ramadan. Melalui iklan ini Lazada, sebagai aplikasi yang turut dalam perkembangan teknologi, hadir bukan untuk menggerus tradisi yang sudah ada, tetapi malah mendukung upaya agar tradisi-tradisi yang sudah mulai hilang turut digaungkan kembali. Melalui iklan ini Lazada ingin menyampaikan bahwa perbuatan-perbuatan kecil dapat berdampak besar bagi sebagian orang. Kata Kunci: Semiotika, E-commerce, Emotional Marketing, Budaya, Silaturahmi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44316120049 |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, E-commerce, Emotional Marketing, Budaya, Silaturahmi. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | UMMI RAHMATUSSYIFA |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 03:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 03:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60191 |
Actions (login required)
View Item |