SURYANDARINI, INDAH (2019) PERANCANGAN BUKU EDUKASI INTERAKTIF “YUK KITA JELAJAHI RPTRA”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul .pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
Abstract
Campaign are really needed in many fields, particularly in giving information that will be delivered to the society. Nowadays, campaign medias in Jakarta are developing. Some campaign medias that used are including brochure, poster, spansur, banner, motion graphic, and video. RPTRA makes a campaign media like a poster or instagram feed, and also video that give RPTRA information to the society. This research will review what RPTRA campaign that has been showed is like, and what visual elements are used in RPTRA campaign poster. Based on the things that have been described above, the writer wants to provide an effective campaign media choice and can be known by all children in Jakarta, namely by creating an interactive media campaign media book by presenting interesting content, so that the public, especially children, can learn more about RPTRA. The book has a very important role to make it easier for children to understand the information contained in the book. The illustrations on the interactive media in the book can develop imagination and attract children to come to RPTRA. The font used was of sans serif type. Based on the explanation above, the writer wants to make an interactive educational book that is as interesting as possible, so that the writer hopes that the children can understand the contents of the book and get to know RPTRA deeper. Interactive education books use 2 types of design namely push and pull, which is where this interactive media can encourage children to interact more. Push and pull interactive books are books that are pulled and pushed on the pages of a book. Keywords : Campaign, RPTRA, Interactive book push and pull Kampanye sangatlah dibutuhkan dalam segala bidang. Terutama dalam memberikan informasi pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Media kampanye yang di DKI Jakarta saat ini sudah sangat berkembang. Beberapa media kampanye yang digunakan seperti, poster, brosur, spanduk, motion graphic, dan video. RPTRA membuat sebuah media kampanye seperti poster atau feed instagram, dan video yang memberikan informasi RPTRA kepada masyarakat. Dalam rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui seperti apa kampanye RPTRA yang sudah pernah di tayangkan dan mengkaji elemen visual yang digunakan pada poster kampanye RPTRA. Berdasarkan hal-hal yang sudah dipaparkan di atas. Maka penulis ingin memberikan pilihan media kampanye yang efektif dan dapat diketahui oleh semua anak-anak yang ada Jakarta, yaitu dengan membuat media kampanye Buku edukasi interaktif dengan menyajikan konten yang menarik sehingga masyarakat khususnya anak-anak dapat mengetahui RPTRA lebih dalam lagi. Buku tersebut mempunyai peran yang sangat penting untuk memudahkan anak-anak memahami infomasi yang ada didalam buku. Ilustrasi pada media interaktif di buku tersebut dapat mengembangakan imajinasi dan menarik anak-anak untuk datang ke RPTRA. Font yang digunakan pun berjenis sans serif. Berdasarkan penjabaran diatas, maka penulis ingin membuat buku edukasi interaktif yang semenarik mungkin, sehingga penulis mengharapkan untuk anak-anak dapat memahami isi dari buku tersebut dan lebih mengenal RPTRA lebih dalam lagi. Buku edukasi interaktif menggunakan 2 jenis perancangan yaitu push dan pull, yang dimana media interaktif ini dapat mengajak anak-anak untuk lebih interaksi. Buku interaktif push and pull merupakan buku yang di tarik dan di dorong pada halaman buku. Keywords : Kampanye, RPTRA, Buku Interaktif push and pull
Actions (login required)
View Item |