ANALISIS KORELASI SPEARMAN RHO SERVQUAL DENGAN KEPUASAN PELANGGAN WARNET (STUDI KASUS WARNET SEKITAR JALAN MENTENG BOGOR BARAT)

ARTIYASA, MARINA (2011) ANALISIS KORELASI SPEARMAN RHO SERVQUAL DENGAN KEPUASAN PELANGGAN WARNET (STUDI KASUS WARNET SEKITAR JALAN MENTENG BOGOR BARAT). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
HALAMAN JUDUL1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Bab 1 - Lampiran)
bab1-5daftarpuslampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The existence of competition new cyber café in a small covered area resulting in competition, so the cyber caffe should improve customer satisfaction for a customer / subscriber. Customer satisfaction levels according to Kotler is the feeling of someone after comparing the performance which he felt to his expectations. This study intends to examine the correlation / relationship between ServQualcustomer satisfaction (RATER) with Cyber caffe on Jalan Menteng district of Bogor West. The method used in this research is quantitative explanatory with processed using Likert scales 7 scales with population cafe customers around Menteng Bogor west road that used samples of 100 respondents from the research results using SPSS 17 with using the Spearman Rho correlation / correlation rank correlation was used because ordinal data and is not a normal / non-parametric analysis of the results of research conducted found that a significant then is the X2 (reability) equal to -0.192 and X4 (assurance) amounted to 0.238. it indicates there is a weak correlation but inversely proportional to the mean customer satisfaction if reliability / reliability improved even inversely related to customer satisfaction, although weak, while the faktor X4 (assurance) with customer satisfaction has a positive but weak relationship, this means that if the security factor (enhanced assurance), it will increase customer satisfaction by 0.238. of this research means that for the segment of the cafe with a profile obtained here are found no strong relationships. So that the customer segments such as the studied not much demand for quality service that customers want from internet cafe This can be caused in this case study assumes that the customer satisfaction they are not particularly associated with Quality Service keywords: Customer Satisfaction, RATER, ServQual, RATER Adanya persaingan warnet –warnet baru di suatu tempat yang cakupan wilayahnya kecil mengakibatkan persaingan, sehingga warnet-warnet harus meningkatkan kepuasan pelanggan untuk mendapatkan customer/pelanggan. Kepuasan pelanggan menurut Kotler adalah tingkatan perasaaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang ia rasakan dengan harapannya. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti korelasi/hubungan antara ServQual RATER dengan kepuasan pelanggan warnet di daerah Jalan Menteng Bogor Barat. Metode yang digunakan ialah quantitative explanatory dengan diolah memakai skala likert 7 skala dengan populasi pelanggan warnet yang berada di sekitar jalan menteng bogor barat sample yang digunakan sebanyak 100 orang responden Dari Hasil penelitian menggunakan SPSS 17 dengan menggunakan korelasi spearman Rho/korelasi peringkat korelasi ini digunakan karena data ordinal dan bersifat tak normal /non parametrik dari hasil penelitian yang dilakukan maka didapatkan bahwa yang signifikan adalah X2/(reliability) sebesar –0,192 dan X4/ (assurance) sebesar 0,238. Hal ini berarti ada korelasi yang lemah tetapi berbanding terbalik antara keandalan dan kepuasan pelanggan yang berarti apabila reliability/keandalan ditingkatkan maka akan menurunkan kepuasan pelanggan walaupun lemah . Ini berarti bahwa antara faktor jaminan /X4(assurance) dengan kepuasan pelanggan mempunyai hubungan positif tetapi lemah, ini berarti bahwa apabila faktor jaminan (assurance ditingkatkan) maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan . dari penelitian ini berarti bahwa untuk segmen warnet dengan profile yang didapatkan disini hubungan yang didapatkan tak kuat . Sehingga dari segmen pelanggan seperti yang diteliti tak banyak tuntutan service quality yang diinginkan pelanggan dari warnet Hal ini dapat disebabkan pada studi kasus ini pelanggan menganggap bahwa kepuasan mereka tidak berhubungan dengan SERVICE QUALITY kata kunci: ServQual, Kepuasan Pelanggan, RATER, Spearman

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-554-11-010
NIM/NIDN Creators: 55408120003
Uncontrolled Keywords: ServQual, Kepuasan Pelanggan, RATER, Spearman, Customer Satisfaction, RATER, ServQual, RATER. MTEL, MAGISTER TEKNIK ELEKTRO
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Elektro
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:28
Last Modified: 25 Jul 2022 02:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59550

Actions (login required)

View Item View Item