IMPLEMENTASI ALGORITMA ECLAT UNTUK MENCARI FREQUENT PATTERN MINING PADA DATABASE PENJUALAN

PRATAMA, A'AM BANGUN (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA ECLAT UNTUK MENCARI FREQUENT PATTERN MINING PADA DATABASE PENJUALAN. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal-Yudisium.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

in this study, will perform analysis of data contained in the sales database to look for patterns of transactions which have not known by the company and is expected to know the customer transactions could improve the quality of service for customer, helps the company to boost sales and provide an effective way in managing a part of the barn of spare parts. Tunas Daihatsu Tangerang is a dealer car of the authorized official Daihatsu providing service to the customer to do maintenance, spare parts for automobiles. Tunas Daihatsu Tangerang is one of the branch offices Daihatsu, one of them is located on Tanah Tinggi. Many of the firms an automotive use the amount of data a great daily operation such as vehicle repair Tunas Daihatsu Tangerang. To analyze the data on how mighty are Daihatsu Tangerang. Hence, rapid manner that is using data mining, especially the rules of the association, for results in a pattern of customer transactions. The association used to locate and analyzed data on transaction sales. This research discusses the rules on the data mining association, use Eclat algorithm transaction data with the spare parts Tunas Daihatsu Tangerang. This research results in a pattern of customer transactions to spare parts knew the information on what, are often purchased at the same time. Then can be concluded that method data mining, association rule can help repairer to know pattern transactions customer, so that workshop and customer more effective in managing, reservations, and the purchase of spare part. Key words: Frequent Pattern Mining, Data Mining, Eclat, Association rules, Automotive sales promotion. Dalam kajian ini, penulis akan melakukan riset mengenai penjualan data untuk melihat pola transaksi dari suku cadang yang selama ini tidak diketahui dan diharapkan dengan mengetahui transaksi pelanggan bisa meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan memberikan cara yang efektif dalam mengelola suku cadang dibagian gudang spare part. Tunas Daihatsu Tangerang merupakan authorized dealer resmi mobil daihatsu yang memberikan pelayanan terhadap customer untuk melakukan perawatan, suku cadang dan pembelian mobil daihatsu. Tunas Daihatsu Tangerang adalah salah satu kantor cabang bengkel mobil daihatstu yang berada di Tanah Tinggi, Tangerang. Banyak perusahaan otomotif yang menggunakkan jumlah data yang besar dari operasional sehari-hari seperti bengkel tunas daihatsu tangerang. Untuk menganalisa data yang berjumlah besar pada Daihatsu tangerang maka penulis memberikan cara yang cepat yaitu menggunakan data mining khususnya aturan asosiasi untuk menghasilkan pola transaksi customer. Penelitian ini membahas aturan asosiasi pada data mining menggunakkan algoritma eclat dengan data transaksi spare part pada bengkel tunas daihastu tangerang. Penelitian ini menghasilkan pola transaksi customer untuk mengetahui informasi spare part apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Kemudian dapat disimpulkan bahwa metode data mining asosiasi rule dapat membantu bengkel untuk mengetahui pola transaksi customer, sehingga bengkel dan customer lebih efektif dalam mengelola, pemesanan dan pembelian spare part. . Kata kunci: Frequent Pattern Mining, Data Mining, Association Rules, Eclat, Automotive Sales Promotion.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41515120149
Uncontrolled Keywords: Frequent Pattern Mining, Data Mining, Association Rules, Eclat, Automotive Sales Promotion.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.4 Islamic law/Hukum Islam > 297.43 Muamalat/Muamalat > 297.431 Buy Sell/Jual Beli
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:17
Last Modified: 21 Jan 2021 04:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59325

Actions (login required)

View Item View Item