STRATEGI KAMPANYE LAYANAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PENGGUNA APLIKASI ANTAR JEMPUT IZIN BERMOTOR (AJIB) TAHUN 2020

PERMANA, BERRY (2021) STRATEGI KAMPANYE LAYANAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PENGGUNA APLIKASI ANTAR JEMPUT IZIN BERMOTOR (AJIB) TAHUN 2020. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover - Berry Permana (1).pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I - Berry Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II - Berry Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III - Berry Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV - Berry Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V - Berry Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran - Berry Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

In providing excellent licensing services, the Investment and One Stop Integrated Services Office (DPMPTSP) of Province DKI Jakarta launched Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) application service in 2016. This study aims to determine the Public Service Campaign Strategy of DPMPTSP Province DKI Jakarta in increasing users of (AJIB) application. This study uses the concept of marketing communication and the 7C's approach, namely Courtesy, Concretness, Completeness, Correctness, Conciseness, Clarity , and Consideretion according to Cutlip, Center & Broom (2009). This study used a qualitative approach with a case study research method, with data collection techniques through interviews with competent sources. The results of this study indicate that in achieving a public service campaign strategy in increasing users of the 2020 (AJIB) aplication developing an integrated marketing communication program by choosing the right marketing communication media, such as advertising through flyer print media, videotrone ad and Instagram social media, and word of mouth marketing. In the implementation of the public service campaign strategy in increasing application users. This has succeeded in realizing the achievement of excellent public services, namely to provide convenience for the people in DKI Jakarta in licensing and non-licensing management Keywords: Strategy, Public Service Campaign, Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Dalam upaya memberikan pelayanan izin yang prima, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI Jakarta meluncurkan pelayanan jasa Aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) di tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kampanye Layanan Masyarakat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan pengguna layanan aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) serta dalam rangka memperkenalkan aplikasi AJIB kembali di tahun 2020. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran dan pendekatan 7C’s yaitu Courtesy, Concretness, Completeness, Correctness, Conciseness, Clarity, dan Consideretion menurut Cutlip, Center & Broom (2009). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan narasumber yang kompeten. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mencapai strategi kampanye layanan masyarakat dalam meningkatkan pengguna aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) tahun 2020 mengembangkan proram komunikasi pemasaran terpadu dengan cara memilih media komunikasi pemasaran yang tepat, seperti periklanan melalui media cetak flyer, iklan videotrone dan media sosial instagram ,dan word of mouth marketing. Pada implementasinya strategi kampanye layanan masyarakat dalam meningkatkan pengguna aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) tahun 2020 serta berkembangnya layanan jasa aplikasi (AJIB) ini telah berhasil mewujudkan tercapainya pelayanan publik yang prima yaitu untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di DKI Jakarta dalam pengurusan perizinan maupun non-perizinan. Kata Kunci : Strategi, Kampanye Layanan Masyarakat, Aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB).

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55219110009
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kampanye Layanan Masyarakat, Aplikasi Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB).
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Apr 2022 05:00
Last Modified: 09 Apr 2022 05:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59202

Actions (login required)

View Item View Item