PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOOD VLOGGER NEX CARLOS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DKI JAKARTA PADA MASAKAN KHAS INDONESIA

ALFISAH, MUHAMMAD JULIZAR (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOOD VLOGGER NEX CARLOS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DKI JAKARTA PADA MASAKAN KHAS INDONESIA. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7.DAFTAR TABEL.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9.BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB II)
10.BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
11.BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB IV)
12.BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB V)
13.BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The use of food vlogger media is currently increasing due to the development of the internet world and the development of social media in people's lives. Makes great potential for content creators who share their content on platforms or platforms such as Youtube. One example is Nex Carlos, a food vlogger who discusses everything about food, especially about Indonesian specialties. By traveling around Indonesia, Nex Carlos aims to popularize the foods in Indonesia as an appreciation of these special dishes.This research uses the foundation of Uses and Gratifications theory which explains the use of media that is divided into several motifs of its use. The research approach used in this research is quantitative method with research method and data combination through questionnaire with 29 facts and distributed to 100 respondents of DKI Jakarta people who menggunjung website foody.id. Based on the results of the study the variable use of food media vlogger Nex Carlos has a positive effect on the interest of the people of Jakarta in Indonesian cuisine with a value of 0.654. Keywords : Website usages, interest, usess & gratifications Penggunaan media food vlogger saat ini semakin meningkat dikarenakan berkembangnya dunia internet serta berkembangnya media sosial dalam kehidupan masyarakat. Membuat potensi besar bagi para konten kreator yang membagikan kontennya dalam platform atau wadah seperti Youtube. Salah satu contohnya adalah Nex Carlos, ialah seorang food vlogger yang membahas segala sesuatunya tentang makanan khususnya tentang makanan khas Indonesia. Dengan berkeliling Indonesia Nex Carlos bertujuan untuk mempopulerkan kembali makanan-makanan yang ada di Indonesia sebagai apresiasi terhadap masakan khas tersebut. Penelitian ini menggunakan landasan teori Uses and Gratifications yang menjelaskan penggunaan media yang dibagi menjadi beberapa motif penggunaannya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatif dan menyebarkan data melalui kuesioner dengan 24 pernyataan dan disebarkan ke 100 responden masyarakat DKI Jakarta yang menggunjungi food vlogger Nex Carlos. Berdasarakan hasil penelitian variabel penggunaan media food vlogger Nex Carlos berpengaruh positif terhadap minat masyarakat DKI Jakarta kepada masakan khas Indonesia dengan nilai 0,654. Kata Kunci : Penggunaan website, minat, usess & gratifications

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44214010157
Uncontrolled Keywords: Penggunaan website, minat, usess & gratifications
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:07
Last Modified: 15 Jan 2021 06:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59158

Actions (login required)

View Item View Item