ANALISIS PENGARUH PELICAN CROSSING TERHADAP PANJANG ANTRIAN DAN TUNDAAN KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MKJI 1997 (STUDI KASUS : PELICAN CROSSING JALAN LENTENG AGUNG RAYA)

DAHLAN, MUHAMAD JAELANI (2021) ANALISIS PENGARUH PELICAN CROSSING TERHADAP PANJANG ANTRIAN DAN TUNDAAN KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MKJI 1997 (STUDI KASUS : PELICAN CROSSING JALAN LENTENG AGUNG RAYA). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL (COVER).pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
13. BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

ABSTRAK Provinsi DKI Jakarta adalah wilayah padat penduduk yang memiliki potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi, salah satu bagian dari Provinsi DKI Jakarta adalah Kota Jakarta Selatan terutama Jalan Lenteng Agung Raya yang memiliki arus lalu lintas tinggi karena berada dikawasan kegiatan perekonomian dan pendidikan. Berbagai kegiatan dan aktivitas manusia di kawasan Jalan Lenteng Agung Raya dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas. Permasalahan tersebut dapat diatasi jika prasarana lebih diperhatikan, salah satunya yaitu adanya fasilitas penyebrangan pejalan kaki pelican crossing. Pelican crossing adalah fasilitas penyebrangan pejalan kaki yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas untuk menyebrang jalan dengan aman dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan jenis penyebrangan dan mengetahui pengaruh pelican crossing terhadap panjang antrian dan tundaan kendaraan. Data peneltian ini adalah geometerik jalan, arus lalu lintas, jumlah kendaraan terhenti, frekuensi penyebrangan dan jumlah penyebrang jalan, tundaan dan panjang antrian kendaraan. Analisis penentuan jenis penyebrangan menggunakan perhitungan PV2 . Dari perhitungan PV2 didapatkan hasil PV2 = 4,75 x 108 yang berarti pelican crossing di Jalan Lenteng Agung Raya termasuk kepada jenis penyebrangan pelikan dengan lapak tunggu. Panjang antrian kendaraan maksimum sepanjang 176 meter dengan tundaan kendaraan 144 detik. Panjang antrian dan tundaan kendaraan akan semakin bertambah ketika pejalan kaki yang menyebrang menggunakan pelican crossing lebih dari satu orang. Kapasitas ruas jalan Lenteng Agung Raya didapat sebesar 4702,5 dengan derajat kejenuhan sebesar 0,34. Kata kunci: Pelican Crossing, Panjang Antrian, Tundaan Kendaraan, Arus Lalu Lintas ABSTRACT DKI Jakarta Province is a densely populated that has great potential in economic growth, one of the parts of DKI Jakarta Province is South Jakarta City especially Jalan Lenteng Agung Raya which has a high traffic flow because it is in the area of economic and educational activities. Various activities and human activities in Jalan Lenteng Agung Raya area can cause traffic problems. These problems can be overcome if infrastructure is given more attention, one of which is the presence of pedestrian crossing facilities. Pelican crossing is a pedestrian crossing facility that is equipped with traffic lights to cross the road safely and comfortably. The purpose of this study is to determine of crossing and determine the effect or pelican crossing on queue length and vehicle delays. This research data is the geometer of the road, the flow of traffic, the number of vehicles stopped, the frequency of crossings and the number of crossers, the delay and the length of the vehicle queue. Analysis of determination of the type of crossing sing the calculation of PV2 . From PV2 calculations, the resukts of PV2 = 4,75 x 108 , which means the type of pelican crossing on Jalan Lenteng Agung Raya is pelican crossing with the waiting stalls. The maximum length of the vehicle queue is 176 meters with a vehicle delay of 144 seconds. The length of the queue and the delay of the vehicle will increase when pedestrians who cross using pelican crossing more than one person. The capacity of the Jalan Lenteng Agung Raya is 4702,5 with a degree of saturation of 0,34. Keywords: Pelican Crossing, Queue Length, Vehicle Delays, Traffic Flow

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 19 021
NIM: 41117320042
Uncontrolled Keywords: Pelican Crossing, Panjang Antrian, Tundaan Kendaraan, Arus Lalu Lintas
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:31
Last Modified: 14 Jan 2021 08:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59118

Actions (login required)

View Item View Item