SUSANA, MEINAWATI (2020) INTERAKSI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA GURU WARGA NEGARA ASING DENGAN GURU WARGA NEGARA INDONESIA DI BINA BANGSA SCHOOL JAKARTA BARAT (STUDI KASUS PERIODE JULI 2019 – JANUARI 2020). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
7. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (BAB 2)
8. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text (BAB 3)
9. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB 4)
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text (BAB 5)
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
Abstract
Communicating with the context of cultural diversity often encounters problems or obstacles, for example in the use of language, values or norms that are certainly different. Cultural diversity in Bina Bangsa School has been quite noticeable because with the background of Bina Bangsa School as one of international schools in West Jakarta who have teachers or teachers from various countries such as Philippines, India, China and even Italy. Teachers at Bina Bangsa School often have obstacles and even problems in communicating. One of its obstacles is language, communication culture and different logic. This research aims to know how intercultural communication interaction of foreign citizen teacher with Indonesian citizen teacher at Bina Bangsa School West Jakarta so that can be established good and effective communication between both parties As well as what obstacles are being passed and how the implementation is done to conduct cultural adaptation. The results of the study of the descriptive-qualitative type that used the case study method get the result of inter-cultural communication interactions based on situations that include when they are in the same situation or out of activity and intercultural communication interactions involving feelings. The differences in cultural background make teachers are required to adapt to study their habits and have an open mind in interacting so that intercultural communication can go well. Keywords: communication, intercultural, cultural adaptation, interaction Berkomunikasi dengan konteks keberagaman kebudayaan kerap menemui masalah atau hambatan, misalnya dalam penggunaan bahasa, nilai atau norma yang sudah tentu berbeda. Keberagaman budaya yang ada di Bina Bangsa School sudah terbilang sangat terlihat karena dengan latar belakang Bina Bangsa School sebagai salah satu sekolah internasional di Jakarta Barat yang memiliki pengajar atau guru dari berbagai negara seperti Filipina, India, Cina bahkan Italia. Guru di Bina Bangsa School seringkali memiliki hambatan bahkan masalah dalam berkomunikasi. Salah satu hambatannya yaitu bahasa, budaya komunikasi dan logat yang berbeda-beda.Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi komunikasi antar budaya guru Warga Negara Asing dengan guru Warga Negara Indonesia di Bina Bangsa School Jakarta Barat sehinga dapat terjalin komunikasi yang baik dan efektif antara kedua belah pihak serta apa saja hambatan yang dilalui dan bagaimana penerapan yang di lakukan untuk melakukan adaptasi budaya. Hasil penelitian dari penelitian tipe deskriptifkualitatif yang menggunakan metode studi kasus ini mendapatkan hasil interaksi komunikasi antar budaya yang berdasarkan situasi yang meliputi saat berada di dalam keadaan yang sama maupun di luar aktivitas pekerjaan dan interaksi komunikasi antar budaya yang melibatkan perasaan. perbedaan latar belakang budaya membuat para guru diharuskan beradaptasi dengan mempelajari kebiasaan masing-masing dan memiliki pikiran yang terbuka dalam berinteraksi agar komunikasi antar budaya yang berlangsung dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Komunikasi, Antar Budaya, Adaptasi Budaya, Interaksi
Actions (login required)
View Item |